Sukses

Tips Mengatasi Cegukan Terus-menerus

Meski sepele, cegukan yang terus-menerus akan mengganggu aktivitas dan produktivitas. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Cegukan tentunya pernah dialami oleh siapa saja. Anda tak perlu khawatir jika cegukan berlangsung sebentar karena ini biasanya normal. Sebaliknya, bila cegukan terjadi dalam waktu lama, tentu saja dapat mengganggu aktivitas.

Cegukan terjadi ketika kontraksi otot diafragma terjadi secara berulang dan tidak terkendali. Biasanya, hal-hal yang memicu cegukan yang bersifat sementara adalah minuman berkarbornasi, makanan pedas, alkohol, merokok, menelan banyak udara, stres, dan sebagainya.

Sementara itu, cegukan yang menetap disebabkan oleh cedera atau iritasi pada saraf vagus atau frenikus. Saraf vagus dan frenikus mengontrol pergerakan diafragma Anda.

Lalu, bagaimana cara mengatasi cegukan agar tidak terus mengganggu? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Kadar Karbondioksida dalam Darah

Caranya adalah dengan bernapas menggunakan kantong kertas. Tempelkan kantong kertas tersebut ke mulut dan hidung (jangan seluruh wajah). Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cepat dan kuat.

Artikel Lainnya: Inilah Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum

2. Menahan Napas

Cara mengatasi cegukan yang cukup sederhana untuk dilakukan adalah dengan menahan napas. Ini juga merupakan cara yang paling populer.

Tahan napas sekitar 10-20 detik, lalu menelan ketika cegukan terasa akan muncul kembali. Lakukan sebanyak 2-3 kali, kemudian tarik napas dan mulai lagi dari awal.

2 dari 4 halaman

3. Menelan Satu Sendok Teh Gula Pasir Kering

Cara ini dinilai cukup ampuh meredakan cegukan. Gula dianggap dapat memberi sinyal melalui serabut saraf yang akan memengaruhi lengkung refleks cegukan.

4. Menutup Hidung dan Minum Air

Menutup hidung dan minum air juga sering dilakukan sebagai cara mengatasi cegukan terus-menerus. Tarik napas dalam lalu tutup hidung, minumlah 10 tegukan air ketika sedang tidak bernapas. Minum air dalam posisi membungkuk juga dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan.

Artikel Lainnya: Cegukan Terus-menerus Tanda Stroke? Ini Faktanya

3 dari 4 halaman

5. Menekan Diafragma

Cara menghilangkan cegukan yang juga cukup efektif adalah dengan menekan diafragma. Diafragma terletak di antara perut dan dada, Anda dapat melakukan penekanan dengan lembut di area ini sambil menarik napas perlahan.

6. Duduk Memeluk Lutut

Duduk dengan posisi kaki ditekuk, kemudian dekatkan kaki ke arah dada dan peluk menggunakan kedua tangan. Condongkan badan ke depan untuk memberikan penekanan di area diafragma. Lakukan selama beberapa menit hingga cegukan berkurang atau menghilang.

Lalu, bagaimana cara mencegah cegukan? Belum ada cara yang benar-benar terbukti dapat mencegah cegukan. Namun, apabila Anda mengalami cegukan, bisa mencoba untuk mengurangi paparan terhadap pemicu cegukan Anda.

Mungkin Anda bisa melakukan cara-cara, seperti jangan makan terlalu berlebihan, hindari minuman bersoda dan minuman beralkohol, kelola stres dengan baik, dan sebagainya.

Biasanya cegukan akan hilang dengan sendirinya. Namun, bila bertahan lebih dari 48 jam atau membuat Anda sulit bernapas atau makan, sebaiknya Anda tidak menunda untuk pergi ke dokter. Nantinya dokter akan mendiagnosis dan memberikan penanganan yang tepat untuk Anda.

Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan, di antaranya adalah chlorpromazine, baclofen, metoclopramide, dan nifedipine.

Bila cegukan tetap bertahan juga meski sudah mengonsumsi obat, dapat dilakukan pemasangan nasogastric tube ataupun injeksi obat anestesi. Ingat, cegukan memang hal yang lumrah namun tetap perlu diwaspadai jika mengganggu napas, menyebabkan insomnia, bahkan depresi.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar cara mengatasi cegukan atau masalah kesehatan lainnya yang mengganggu, dapat bertanya kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Semoga bermanfaat!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar