Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakIbu MenyusuiCara Menyusui yang Benar
Ibu Menyusui

Cara Menyusui yang Benar

dr. Dyah Novita Anggraini, 08 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Untuk lebih optimalnya ASI yang diterima sang sang bayi, cara menyusui yang benar sangat mempengaruhi. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menyusui yang Benar

KlikDokter.com - Kegagalan menyusui sang bayi sering disebabkan oleh kesalahan pada posisi menyusui yang benar, misalnya seperti salah memposisikan dan melekatkan bayi.

Posisi menyusui yang benar adalah sebagai berikut:

1. Untuk mendapatkan posisi menyusui yang benar, Ibu disarankan untuk duduk dengan santai dengan posisi kaki tidak boleh menggantung.

2. Perhatikan posisi perlekatan bayi ke puting ibu. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat bayi menempel ke payudara dan mendapatkan posisi menyusui yang benar adalah sebagai berikut:

  • Posisikan diri Ibu senyaman mungkin dengan memakai bantal di belakang punggung atau bantal yang menyangga lengan saat menyusui.
  • Untuk meningkatkan keberhasilan mendapatkan posisi menyusui yang benar, gendong bayi sampai batas dada sedekat mungkin dengan Ibu (perut bayi dan ibu saling bertemu).
  • Goda bayi agar bayi mau untuk membuka mulutnya dengan lebar. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengusap bibir bayi dengan puting susu.
  • Jika mulut bayi sudah terbuka lebar, masukan puting susu ibu pada mulut bayi dan dekap bayi agar lebih dekat begitu dia mengisap puting sampai seluruh areola ibu masuk ke mulut bayi.

Ketika bayi sudah mendapatkan posisi menyusui dengan benar dan menempel sempurna ke payudara ibu, periksalah teknik penghisapan yang dilakukan oleh bayi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Untuk memperoleh posisi menyusui yang benar, pastikan bayi mengisap areola ibu hingga jarak satu inci
  • Penghisapan pada posisi menyusui yang benar adalah bibir atas dan bawah bayi terbuka secara benar. Bibir bayi yang menempel pada kulit ibu harus terlipat ke luar. Jika tidak, tarik perlahan rahang bawah bayi.
  • Posisi menyusui yang benar ditandai oleh seluruh rahang bayi yang bergerak saat dia menghisap.
  • Ibu dapat mendengar suara bayi menelan air susu disaat sudah memperoleh posisi menyusui yang benar.
  • Disaat mendapatkan posisi menyusui yang benar, maka Ibu tidak merasakan rasa sakit atau nyeri saat menyusui.

Konsultasi Dokter Terkait