Sukses

Tips Mudah Tetap Sehat, Muda Plus Langsing!

Apakah mungkin kita menghentikan penuaan? Bahkan jadi lebih muda? Banyak dari kita akan menjawab tak bisa. Sudah takdir, manusia semakin tua dan perlahan kesehatannya akan berkurang.Tapi dr. Michael Roizen punya teori lain ?soal menjadi tua?.

Apakah mungkin kita menghentikan penuaan? Bahkan jadi lebih muda?

Banyak dari kita akan menjawab tak bisa. Sudah takdir, manusia semakin tua dan perlahan kesehatannya akan berkurang.

Tapi dr. Michael Roizen punya teori lain “soal menjadi tua”. Menurutnya, ada banyak cara untuk menunda bahkan menghentikan penuaan, salah satunya gaya hidup dan nutrisi. RealAge adalah usia biologis Anda sebenarnya, tak peduli berapa usia kronologis Anda. RealAge ditentukan dengan pilihan gaya hidup dan nutrisi Anda. Orang dengan usia kronologis 55 tahun bisa saja punya RealAge 40 tahun. Artinya kesehatan dan kemudaannya setara dengan orang yang berusia 40 tahun. Di sisi lain, ada orang berusia 55 tahun tapi punya RealAge 65 tahun. Dia lebih tua karena pilihan gaya hidup dan senang mengonsumsi makanan sarat lemak jenuh. Ini menunjukkan kemudaan membutuhkan niat yang diikuti dengan usaha sungguh-sungguh. Jelas, ini hal yang patut diperjuangkan karena setiap orang ingin hidup lebih lama dan berenergi.

Gaya hidup berarti memikirkan dengan seksama apa yang kita lakukan setiap hari. Apakah Anda tak cukup olah raga, sekurangnya jalan kaki keliling kompleks perumahan? Apakah Anda terbiasa duduk di dekat teman yang terus mengepulkan asap rokok saat makan siang? Bila jawabannya tidak, kemungkinan besar Anda harus mengubah gaya hidup Anda. Inilah langkah awal menuju kemudaan.

Nutrisi adalah cara lainnya. Kuncinya adalah makan hidangan kaya nutrisi dan miskin kalori; memperbanyak buah, sayur, dilengkapi dengan beras merah, oatmeal, roti gandum. Kurangi daging merah dan kue juga camilan kosong semacam kripik. Hal penting lainnya adalah jangan makan saat stres atau jenuh. Berhatilah sejenak sebelum mencomot donat. Ambil segelas air dan minumlah. Tenangkan diri dan tanyakan mengapa Anda ingin makan. Apakah hanya karena iseng?

Hal terpenting dalam menjalankan pola hidup dan makan sehat adalah melakukan lebih dahulu hal yang paling mudah, dan pertahankan. Contohnya makan pagi dengan bubur oatmeal dan potongan pisang. Lakukan perubahan ini dengan perlahan dan nikmati hidup Anda.

Tiba-tiba teman Anda berhenti saat berpapasan. Dia memandang kagum dan berkomentar Anda kini tampak lebih segar, energik dan langsing ! Anda berubah lebih muda tanpa Anda sadari.

Makan cerdas ala RealAge Diet:

  1. Awali hari dengan lemak baik (selai kacang).
  • Roti gandum, atau sereal.
  • Makan buah segar/ kismis, kurma saat tengah hari dan sore.
  • Makan siang dan makan malam.
  • Sertakan nasi merah, kaya sayur.
  1. Hindari daging merah.
  • Hindari lemak jenuh.
  • Hindari lemak trans.
  • Hindari gula sederhana.
  • Hindari makan saat stres.
  1. Perbanyak latihan fisik dan olah raga, seperti jalan sekeliling taman saat istirahat makan siang.
  1. Nikmati saat makan Anda

(Disarikan dari : The RealAge Diet, Diet Agar Tetap Muda dan Lebih Muda. Michael Roizen, M.D. Penerbit: Dian Rakyat.)

Risa Praptono

    0 Komentar

    Belum ada komentar