Sukses

Begadang, Remaja Rentan Bunuh Diri

Tidur lebih awal membuat para remaja menjadi periang, anjuran berdasarkan dari hasil penelitian tentang tidur. Penelitian dr. James E. Gangwisch dan teman-teman dari Pusat

Oleh : dr. Indiradewi Hestiningsih

Klikdokter.com - Tidur lebih awal membuat para remaja menjadi periang, anjuran berdasarkan dari hasil penelitian tentang tidur.

Penelitian dr. James E. Gangwisch dan teman-teman dari Pusat Kesehatan, University Columbia di New York City,  mengemukakan bahwa remaja yang mempunyai orangtua sering memaksa  anaknya untuk tidur jam 10 malam  atau lebih awal ternyata mempunyai masalah depresi dan keinginan bunuh diri lebih sedikit dibandingkan dengan remaja yang mempunyai orangtua yang membiarkan anaknya untuk tidur tengah malam atau lewat tengah malam.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa remaja yang lebih tua tidak membutuhkan banyak tidur dibandingkan dengan remaja dengan usia yang jauh lebih muda, ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar, karena ternyata remaja yang berusia lebih tua masih membutuhkan tidur lebih kurang 9 jam pada malam hari, menurut Gangwisch kepada Reuters.

Waktu tidur yang singkat dan depresi, pernah diteliti hubungannya oleh Gangwisch terhadap remaja usia muda dan yang lebih tua serta dewasa, ternyata waktu tidur yang terlalu singkat dapat memicu terjadinya depresi, sedangkan bila sedang depresi biasanya orang akan sulit tidur.

Orangtua yang ketat menganjurkan anak-anaknya untuk tidur lebih awal dapat mencegah anak-anaknya mengalami depresi. Peneliti bertanya kepada remaja yang menjadi obyek penelitiannya mengenai seberapa perhatiannya orangtua mereka, kemudian Peneliti  melakukan analisa mengenai hubungan antara perhatian orangtua dengan lamanya tidur dan resiko terjadinya depresi.  

Ternyata tidak ada korelasi antara mengatur waktu tidur pada remaja dengan kedekatan  orangtua, tetapi ada korelasi yang kuat antara waktu tidur dengan kecukupan tidur bagi para remaja. Anak-anak yang waktu tidurnya diatas jam 12 malam, 24% mudah mengalami depresi dan 20% mempunyai pemikiran untuk bunuh diri dibandingkan dengan remaja yang waktu tidurnya jam 10 malam atau lebih awal.

Anak-anak yang waktu tidurnya kurang dari 5 jam atau kurang, lebih mudah terjadi depresi dan 48% mempunyai pemikiran untuk bunuh diri dibandingkan dengan remaja yang waktu tidurnya 8 jam atau lebih.

Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental dan diperlukan untuk mendapatkan energi yang diperlukan serta motivasi untuk keesokan hari. Para Remaja perlu diyakinkan bahwa tidur lebih awal akan membuat mereka merasa lebih enak dan lebih baik.[](IND)

    0 Komentar

    Belum ada komentar