Sukses

Menghambat Penuaan Otak Dengan Internet

Satu lagi kelebihan dari internet bagi para orang tua. Peneliti menemukan bahwa para orang tua dapat mengalami perbaikan fungsi otak

Oleh : dr. R. I. Puteri Iskandar

Klikdokter.com - Satu lagi kelebihan dari internet bagi para orang tua. Peneliti menemukan bahwa para orang tua dapat mengalami perbaikan fungsi otak setelah beberapa hari berselancar di dunia maya.

Menurut Dr. Gary Small, profesor ilmu psikiatri di Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior at the University of California, Los Angeles, pada orang tua yang memiliki sedikit pengalaman dalam berinternet, setelah seminggu berlatih menggunakan internet, ditemukan perbedaan yang besar pada aktivitas otak terutama pada otak area pembuat keputusan, otak pemikir-dimana sangat masuk diakal, karena ketika Anda melakukan pencarian secara online, maka Anda melakukan banyak sekali keputusan, menurutnya.

Pada penelitian ini, 24 orang dewasa yang normal secara neurologis, usia 55-78 tahun, diminta untuk menggunakan internet sementara disambungkan dengan mesin MRI. Sebelum penelitian dimulai, sebagian dari partisipan telah menggunakan internet setiap hari, dan sebagian lainnya memiliki sedikit pengalaman dalam menggunakan internet.

Setelah MRI pertama, partisipan diminta untuk melakukan pencarian melalui internet selama satu jam sehari selama dua minggu kedepan.  Setelah mereka kemudian kembali ke klinik untuk melakukan scan otak.

Mulanya, mereka yang memiliki pengalaman dengan internet memperlihatkan aktivasi otak yang lebih besar, menurut Small. Namun setelah melakukan latihan di rumah, mereka yang baru diperkenalkan dapat mengejar mereka yang sudah memiliki pengalaman lebih lama.

Penemuan ini menjelaskan bahwa otak yang ‘tua’ sekalipun dapat terus diaktivasi hingga mengalami perbaikan dalam fungsinya, serta merta internet merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan. Hanya saja, internet juga memiliki ‘godaan’ yang dapat mengarahkan otak pada hal-hal negatif. Pun membuat kita harus pintar dalam memilih pilih jenis program yang positif.[](RIPI)

    0 Komentar

    Belum ada komentar