Diet dan Nutrisi

17 Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih Bagi Kesehatan

Siti Putri Nurmayani, 06 Apr 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Daun sirih bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ketahui 17 manfaat daun sirih selengkapnya di sini.

17 Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih Bagi Kesehatan

Daun sirih dipercaya menjadi salah satu tanaman yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Pasalnya, daun ini sering digunakan sebagai tanaman herbal.

Kandungan minyak atsiri dari daun sirih telah terbukti memiliki sifat antioksidan, sehingga bisa berguna untuk banyak hal. Mari ketahui selengkapnya fungsi daun sirih dengan membaca ulasan berikut ini. 

1. Mengatasi Jerawat

Dijelaskan dr. Dyah Novita Anggraini, ada manfaat daun sirih untuk wajah, terutama bagi pemilik kulit berjerawat. Menurutnya, daun sirih memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri di kulit. 

Bila tertarik untuk melakukannya, kamu perlu menyiapkan 10 helai daun sirih segar, kemudian cuci hingga bersih. Setelahnya, seduh dengan 2 gelas air lalu gunakan air saringan daun sirih untuk membilas muka. 

2. Batuk

Dikutip dari Molecules, rebusan daun sirih digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk. 

Daun sirih mengandung antioksidan dan antibakteri. Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin B, dan alkaloid juga bisa membantu meringankan batuk karena radang tenggorokan. 

Kamu bisa merebus 20 helai daun sirih dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa 3/4. Sebelum meminumnya, kamu bisa menambahkan madu atau gula batu. 

3. Mimisan 

mimisan

Mimisan merupakan kondisi di mana terjadinya perdarahan di bagian depan hidung. Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan daun sirih untuk menghentikan perdarahan di hidung. 

Manfaat daun sirih hijau ini dipercaya bisa membantu luka agar cepat sembuh. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui khasiat dari daun sirih untuk mimisan

4. Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan

Meski manfaat daun sirih untuk wanita sangat terkenal untuk membersihkan area kewanitaan, namun tidak disarankan untuk menggunakannya secara terus-menerus. 

“Rebusan daun sirih boleh digunakan untuk daerah kewanitaan hanya saat ada gangguan di area tersebut, seperti ketika keputihan,” jelas Dokter Vita. 

Bila dalam kondisi normal, tidak perlu menggunakan rebusan air daun sirih. Normalnya, vagina bisa bersih dengan sendirinya tanpa perlu menggunakan produk pembersih vagina.

5. Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan dan iritasi yang terjadi di area bronkus di paru-paru. Gejala dari timbulnya penyakit ini adalah batuk yang produktif, demam, lemas, sakit tenggorokan, hingga sesak napas. 

Daun sirih bisa membantu mengurangi gejala bronkitis. Kamu bisa menggunakan 10 helai daun sirih dan merebusnya bersama dengan gula batu. 

6. Luka Bakar

Daun sirih mengandung saponin, polifenol, dan tanin, yang bersifat sebagai antioksidan. Kandungan saponin bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar

Kandungan polifenol dalam daun sirih dapat berperan sebagai antiseptik, yang mana dapat melindungi luka dari kuman. 

Sedangkan, tanin berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga elastisitas kulit bisa meningkat dan luka dapat tertutup lebih cepat.

7. Bisul 

Munculnya bisul awalnya diakibatkan oleh infeksi bakteri yang memicu terjadinya peradangan di folikel rambut, sehingga menimbulkan terjadinya benjolan. Seiring berjalannya waktu, benjolan ini akan berisi nanah dan terasa menyakitkan. 

Untuk mengatasi bisul, kamu bisa menyiapkan 5 helai daun sirih dan menghaluskannya. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya ke area bisul dan balut dengan perban. 

8. Koreng dan Gatal

Bekas luka koreng memang bisa merusak penampilan. Tak heran, banyak orang berusaha untuk menghilangkannya. 

Untungnya, kamu bisa menggunakan daun sirih untuk menghilangkan koreng dan gejala gatal. 

Siapkan 20 helai daun sirih tua, lalu rebus dengan beberapa gelas air. Setelah air menjadi hangat, kamu bisa mencuci koreng yang gatal. 

9. Gusi Berdarah

Daun sirih mengandung minyak atsiri yang bersifat antiseptik, antimikroba, dan antioksidan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi gusi berdarah akibat radang gusi

Untuk mengatasi gusi berdarah, kamu perlu merebus 5 helai daun sirih dengan 2 gelas air. Setelah dingin, gunakan air rebusan untuk berkumur. 

Artikel Lainnya: Daun Sirih untuk Radang Gusi

10. Sariawan 

sariawan

Nyeri sariawan bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. 

Bila sariawan tidak kunjung membaik, kamu bisa mengonsumsi daun sirih sebagai alternatif pengobatan. 

Caranya adalah siapkan 2 helai daun sirih segar yang telah dicuci, kemudian kunyah sampai lumat dan biarkan beberapa saat di dalam mulut, lalu buang ampasnya. Selain itu, bisa juga berkumur dengan air rebusan daun sirih beberapa kali sehari. 

11. Bau Mulut

Bau mulut menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Beruntungnya, daun sirih mengandung zat allylpyrocatechol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut

Berkat khasiat tersebut, ekstrak daun sirih banyak ditambahkan ke dalam produk kesehatan gigi, sehingga kamu bisa dengan mudah menggunakannya. 

Bila ingin mengonsumsinya secara langsung, ada baiknya untuk berkumur dengan air rebusan daun sirih secara rutin. 

12. Sakit Gigi karena Berlubang 

Sakit gigi bisa terasa sangat menyakitkan, sehingga bisa mengganggu kualitas hidup seseorang. Bila kamu merasakan sakit gigi yang parah, tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasinya dengan mengunyah daun sirih. 

Kandungan antibakteri dalam daun sirih bisa membantu membunuh bakteri yang bersarang di gigi berlubang. 

Jika tertarik untuk mencobanya, ambil sehelai daun sirih dan lumatkan hingga halus, setelahnya pindahkan daun sirih pada gigi yang berlubang. 

13. Gatal Karena Alergi

Gejala gatal karena alergi mungkin bisa membuat seseorang tidak nyaman dan ingin menggaruknya secara terus-menerus. Hal ini tentunya bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit. 

Tak perlu khawatir, ternyata daun sirih bisa membantu mengatasi gejala gatal karena alergi. Ambil 7 helai daun sirih dan sepotong bangle, lalu haluskan hingga merata. Setelahnya campurkan dengan 1 sendok teh minyak kayu putih dan oleskan pada bagian tubuh yang gatal. 

14. Haid Tidak Teratur

Manfaat daun sirih untuk wanita adalah bisa membantu mengurangi haid tidak teratur dan nyeri akibat haid. Ini semua berkat kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalam daun sirih. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa memilih 3 helai daun sirih dan sepotong kecil kunyit, kemudian haluskan dengan sepotong gambir. Setelah itu, seduh dengan 1/2 gelas air lalu peras. Coba minum selama 2 hari berturut-turut. 

15. Eksim

eksim

Manfaat daun sirih dibakar juga bisa membantu mengatasi eksim. Penyakit kulit ini bersifat kronik yang terasa gatal, sehingga penderitanya akan menggaruk kulit secara terus-menerus. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa membakar daun sirih lalu menempelkannya ke bagian kulit yang terkena eksim. 

16. Asma

Asma merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Ketika seseorang menderita asma, saluran pernapasannya bengkak dan sensitif, hal ini mengakibatkan muncul gejala mengi, batuk, dan sulit bernapas. 

Kamu bisa mengatasi gejala asma dengan merebus 20 helai daun sirih dan haluskan. Kemudian tambahkan setengah gelas air matang, lalu peras dengan kain. Selanjutnya, campur dengan 1 sendok teh madu asli lalu aduk hingga rata. 

17. Demam Berdarah 

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dari nyamuk Aedes aegypti. Ketika menyerang manusia, gejala yang dialami umumnya demam, nyeri kepala, menggigil, lemas, nyeri otot, dan ruam kulit. 

Untuk mengobatinya, kamu bisa menggunakan 30 helai daun sirih yang direbus dengan 4 liter air. Kamu bisa menggunakan air rebusan tersebut setiap mandi. 

Manfaat daun sirih bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Bila kamu tertarik untuk mencobanya, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, supaya penggunaannya lebih aman. 

#JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi praktis secara online

(NM)

herbal

Konsultasi Dokter Terkait