Sukses

Pasien Termuda Siap Operasi Ganti Kelamin

Seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun akan menjadi pasien termuda di Inggris yang menjalani proses operasi ganti kelamin

Sumber: kompas.com

Seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun akan menjadi pasien termuda di Inggris yang menjalani proses operasi ganti kelamin. Ia akan melakukan pembedahan bernilai sekitar 10 ribu poundsterling atau sekitar Rp 150 juta itu tahun depan.

Bradley Cooper, yang kini lebih senang dipanggil dengan nama Ria, sudah biasa mengenakan pakaian perempuan sejak ia berusia 12 tahun. Keinginannya untuk menjadi seorang perempuan mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) wilayah Hull, Yorkshire, Inggris. Seluruh biaya operasi sedianya akan ditanggung oleh NHS dan rencananya akan dilakukan dalam 18 bulan ke depan.

"Banyak orang menyangka, mungkin saya terlalu muda untuk mengambil keputusan besar seperti ini. Tapi saya tahu apa yang ada dalam pikiran saya dan inilah apa yang saya inginkan," ujarnya seperti dikutip News of World.

"Selama  bertahun-tahun saya merasa sebagai perempuan. Saya berpikir dan bertindak seperti seorang perempuan bukan seorang laki-laki. Dalam pikiran, saya adalah seorang perempuan, oleh sebab itu saya membutuh operasi ini," tambahnya.

Ibu kandung Cooper, Elaine (40) mendukung langkah yang akan diambil anak kesayangannya itu. "Orang boleh memiliki keyakinan akan apa yang mereka pikirkan.  Operasi ini menggunakan biaya NHS tetapi saya hanya ingin membuat anak saya bahagia," ujarnya.

Sebelum Cooper, rekor usia termuda pasien operasi ganti kelamin di Inggris dipegang oleh  Angel Paris-Jordan, warga Wigton, Cumbria. Ia menjalani operasi kelamin pada ulang tahunnya18 pada 2002.

Pasien termuda di dunia yang menjalami opersi ganti kelamin adalah Kim Petras dari Jerman pada usia 16 tahun.  Kim yang sekarang berprofesi sebagai  model dan penyanyi sudah menjalami  terapi hormon sejak usia 12.

    1 Komentar