Sukses

Sering Merasa Lelah? Waspada Fibromialga

Belum banyak orang yang tahu mengenai apa itu fibromialgia. Diagnosis fibromialgia pun sering lolos dari tangan dokter karena gejalanya yang banyak menyerupai penyakit lain


Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana

Klikdokter.com - Mengapa saya sering merasa nyeri di leher dan punggung?
Mengapa badan saya rasanya pegal dan kaku?
Mengapa selalu terasa lelah ketika bangun pagi?

Mungkinkah Anda penderita Fibromialgia.........?

Belum banyak orang yang tahu mengenai apa itu fibromialgia. Diagnosis fibromialgia pun sering lolos dari tangan dokter karena gejalanya yang banyak menyerupai penyakit lain dan tidak ada bantuan pemeriksaan penunjang untuk membantu menegakkan diagnosisnya.

Definisi Fibromialgia
Fibromialgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.

Penyebab dari fibromyalgia sendiri masih belum diketahui. Meskpun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.

Fibromialgia umumnya didominasi oleh wanita (sekitar 80%) yang berusia antara 35-55 tahun dengan penderita sekitar 2-4% dari jumlah total populasi. Jarang sekali fibromyalgia dialami oleh pria, anak-anak, dan orang tua. Penyakit ini dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari penyakit lain seperti rheumatoid arthritis atau penyakit lupus sistemik.

Gejala Fibromialgia
Keluhan utama dari fibromialgia adalah nyeri. Nyeri tersebut disebabkan peningkatan sensitivitas terhadap rangsang nyeri yang diberikan dan ambang batas nyeri yang rendah. Rangsang nyeri minimal yang pada orang normal tidak menyebabkan nyeri, pada orang dengan fibromialgia dapat menyebabkan nyeri hebat yang dapat membuat gangguan aktivitas. Keluhan nyeri pada fibromialgia dapat dicetuskan oleh suara, perubahan cuaca, dan stres emosional.

Nyeri pada fibromialgia umumnya menyebar di beberapa titik tubuh, meliputi kedua belah sisi tubuh, dan umumnya terjadi pada daerah leher, bokong, bahu, lutut, lengan, punggung, dan dada. “Titik Nyeri” merupakan pusat nyeri dimana rasa nyeri dan spasme otot tersebut dapat menyebar ketika disentuh. Nyeri biasanya terjadi lebih dari 3 bulan, konstan, lokasi berpindah-pindah, dan terasa seperti terbakar.

Keluhan lelah muncul pada 90% pasien dengan fibromialgia. Lelah umumnya berhubungan dengan gangguan pola tidur. Gangguan emosional juga dapat terjadi  dengan gejala seperti kurang konsentrasi, pelupa, perubahan mood, mudah terganggu, depresi, dan cemas. Keluhan masing-masing orang dengan fibromialgia berbeda-beda baik frekuensi maupun lokasi. Umumnya seseorang akan memiliki 11 dari 18 Titik Nyeri tanpa ada pembengkakan atau peradangan di daerah tersebut.

Terapi
Keluhan dan gejala dari fibromialgia yang berlainan antara masing-masing personal membuat terapi untuknya sangatlah individual. Penatalaksanaan fibromialgia sangat efektif dengan mengombinasikan antara edukasi pasien, mengurangi stress, olahraga teratur, dan obat.

Edukasi dalam hal ini adalah membantu pasien untuk mengerti mengenai penyakitnya dan cara beradaptasi dengannya. Mengurangi stress dapat dibantu dengan mencari solusi atas masalah yang dialami dan tidur yang cukup.

Berolahraga dapat berupa aerobik low-impact seperti berenang, bersepeda, dan jogging. Diet untuk fibromialgia disarankan untuk menghindari alkohol dan kafein sebelum tidur karena dapat berpengaruh dengan kurangnya waktu istirahat. Beberapa obat yang disarankan merupakan obat antidepressan karena dapat mengurangi rasa lelah, mengurangi spasme otot, dan membantu tidur lelap. (TRH)

    0 Komentar

    Belum ada komentar