Sukses

Mesin 'Lambung' ala Manusia

Sebuah mesin yang dapat bekerja menyerupain lambung seorang manusia telah diciptakan oleh peneliti di Institute of Food Research berlokasi di Norwich

Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana

Klikdokter.com - Sebuah mesin yang dapat bekerja menyerupain lambung seorang manusia telah diciptakan oleh peneliti di Institute of Food Research berlokasi di Norwich.

The Dynamic Gastric Model memiliki cara kerja menyerupai lambung manusia dimana proses di dalamnya melibatkan kondisi biokimia kompleks dan gaya kerja lambung. Penelitian yang dipimpin oleh dr. Martin Wickham dan dr. Richard Faulks ini menciptakan mesin tersebut dengan tujuan untuk membantu mempelajari cara kerja pencernaan manusia. Mesin ini membutuhkan waktu sekitar setidikitnya 12 tahun untuk berhasil bekerja dengan baik.

Para peneliti berharap bahwa mesin ini akan menjadi salah satu solusi di bidang etik akan penelitian yang menggunakan hewan di dalam percobaan industri farmasi. “Semua orang berpikir bahwa lambung hanyalah organ yang berisi cairan dan enzim, namun sebenarnya lambung merupakan organ yang sangat kompleks dan mesin ini merupakan replika guna membantu memperjelas proses yang terjadi di dalam lambung,” ujar Martin Stocks, juru bicara dari Plant Biosciences Ltd.

Mesin ini memang didesain untuk komunitas ilmu pengetahuan sebagai alat untuk melihat proses pengolahan makanan di lambung. Namun fungsi utama dari mesin ini adalah membantu industri farmasi guna melakukan pemeriksaan mengenai bagaimana sebuah formula obat bekerja ketika mereka diserap di dalam lambung.[](TRH)

Sumber :

Mesin “Lambung” ala Manusia

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar