Sukses

5 Kebiasaan Penyebab Gigi Sensitif

Ternyata kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat menjadi dalang di balik terjadinya gigi sensitif, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami gigi sensitif. Anda juga demikian, bukan? Namun tanpa Anda sadari, kebiasaan yang dilakukan sehari-hari bisa menjadi dalang di balik terjadinya gigi sensitif!

Inilah 5 kebiasaan yang bisa menjadi penyebab gigi sensitif:

  1. Sikat gigi yang salah

    Bentuk kepala dan bulu sikat gigi yang tidak sesuai dapat merusak perlekatan gusi ke gigi. Begitu juga dengan kekuatan yang Anda gunakan ketika menyikat gigi.

    Terganggunya perlekatan gusi ke gigi menyebabkan gusi turun, dimana ini berdampak pada permukaan dentin yang terbuka. Pada akhirnya, ngilu akibat gigi sensitif tidak lagi bisa dihindari.

  2. Asupan yang bersifat asam

    Minuman bersoda, lemon, wine, minuman beralkohol, yogurt, dan makanan/ minuman bersifat asam dapat melarutkan komponen permukaan gigi. Jika terjadi secara terus-menerus bisa berujung pada kejadian gigi sensitif.

  3. Karang gigi

    Karang gigi tumbuh di perbatasan antara gusi dan gigi. Jika dibiarkan dalam waktu lama, karang gigi dapat membuat perlekatan antara gusi dan gigi lepas. Akibatnya, karang tersebut akan terus tumbuh sampai ke dalam gusi dan menyebabkan rasa ngilu pada gigi.

  4. Mengunyah es batu

    Saat menggigit es batu, enamel akan berkontak langsung dengan es tersebut. Jika terjadi dalam waktu lama dan terus-menerus, garis retakan pada gigi tidak dapat dihindari lagi.

    Nah, garis retakan ini bisa memicu gigi sensitif. Meski begitu, rasa ngilu umumnya tidak langsung muncul. Rasa ngilu baru akan terpicu bila gigi terkena rangsangan panas atau dingin dari makanan/ minuman.

  5. Mengkertakkan gigi (bruxism)

    Biasanya, seseorang yang memiliki kebiasaan mengkertakkan gigi (bruxism) memiliki permukaan kunyah gigi geraham yang terkikis. Kondisi itu menyebabkan hilangnya enamel gigi, sehingga bagian dentin terbuka dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Masalah gigi sensitif kerap menyebabkan kegalauan tersendiri bagi penderitanya. Oleh karena itu, agar kenikmatan Anda saat makan tidak terganggu, hindari kebiasaan-kebiasaan di atas, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar