Sukses

5 Tip Memilih Hidangan Penambah Nafsu Makan Anak

Apakah anak Anda susah makan? Tidak perlu khawatir. Kami memiliki tip khusus untuk menambah nafsu makan anak Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Anak dalam masa pertumbuhan sangatlah memerlukan asupan gizi yang cukup agar perkembangan dan pertumbuhannya optimal. Namun, sayangnya setelah menginjak usia dua tahun, anak mulai memilih-milih makanan. Terkadang Anda harus bekerja ekstra keras untuk mendongkrak nafsu makan anak Anda.

Walaupun merasa lapar, jika anak tidak tertarik akan makanan yang disajikan, mereka cenderung tidak mau mengonsumsinya. Tak jarang kondisi tersebut, membuat orang tua khawatir.

Dalam memilih hidangan penambah nafsu makan anak, Anda harus memerhatikan kualitas dan kuantitas gizi sesuai dengan usia dan berat badan anak. Asupan energi tidak boleh kurang dari kebutuhan energi metabolisme pada anak.

Berikut beberapa tip memilih hidangan pembangkit nafsu makan anak:

  1. Nasi bukan segalanya.

    Jika anak bosan dengan nasi, Anda dapat mengganti asupan karbohidrat dengan kentang atau ubi yang diolah menjadi snack atau kue. Atau ganti nasi dengan oat. Selain mengenyangkan, oat juga tinggi serat yang sangat baik bagi anak

  2. Camilan sehat, kaya serat, dan vitamin.

    Sebagai contoh, sediakan potongan buah yang berwarna cerah seperti semangka, jeruk ataupun pepaya untuk menarik perhatiannya.

    Berikan camilan sehat lainnya seperti makaroni, pastel atau risoles berisi sayur. Atur waktu dan jumlah camilan. Berikan jauh sebelum waktu makan anak, sehingga anak tidak kekenyangan saat waktu makan tiba.

  3. Jika anak Anda bosan dengan menu ikan maupun ayam, variasikan asupan protein anak dengan cara penyajian yang menarik.

    Sebagai contoh, Anda dapat membuat hidangan telur mata sapi yang dihias menyerupai wajah lengkap dengan senyuman.

  4. Kurangi susu hingga dua gelas perhari.

    Susu iasanya membuat anak merasa kenyang, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Akibatnya anak menjadi malas makan. Hindari terlalu sering memberikan susu pada anak untuk memberikan efek lapar padanya.

  5. Berikan multivitamin yang mengandung temulawak.

    Temulawak atau curcuma, telah diteliti dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Anda memang memerlukan trik khusus untuk memilah hidangan penambah nafsu makan anak. Selain itu, perlu diingat bahwa pola makan yang sehat pada anak tak selalu berarti jumlah yang banyak. Hal terpenting adalah memerhatikan komposisi, penyajian, dan kebersihannya.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar