Sukses

Perut Buncit, Pertanda Penyakit Mematikan?

Tahukah Anda, perut buncit bukan hanya mengganggu penampilan seseorang. Hati-hati, ada penyakit mematikan yang bersembunyi di belakangnya.

Klikdokter.com, Jakarta Perut buncit bukanlah masalah sepele. Selain mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, perut buncit dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Perut buncit disebut juga obesitas sentral. Kondisi ini merupakan suatu penyakit. Pada obesitas sentral, sebagian besar lemak dalam tubuh menumpuk di daerah perut. Penyebab yang tersering adalah karena pola hidup yang banyak mengonsumsi makanan berlemak dan kurang aktivitas fisik.

Penyakit ini tidak bisa didiagnosis secara subyektif dengan mengamat-amati kondisi perut sendiri. Namun Anda bisa mengetahuinya dengan akurat melalui cara yang sangat sederhana.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengukur lingkar pinggang menggunakan pita meteran tepat di atas pusar. Seseorang dianggap mengalami obesitas sentral apabila lingkar pinggang ≥90 cm pada pria dan ≥80 cm pada wanita.

Obesitas sentral jauh lebih berbahaya dibanding obesitas menyeluruh yang biasanya dihitung dengan indeks massa tubuh (IMT). Hal ini telah dibuktikan lewat berbagai penelitian.

Namun, seseorang yang mengalami obesitas menyeluruh belum tentu memiliki penyakit tertentu. Sedangkan orang yang memiliki perut buncit sesuai kriteria obesitas sentral sangat mungkin mengidap diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung koroner.

Jadi, bila Anda memiliki perut buncit, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Anda dapat mengetahui apakah mengalami penyakit-penyakit seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian Anda bisa segera mencari jalan keluarnya.

Anda salah seorang pemilik perut buncit? Ukur lingkar pinggang Anda sekarang. Lebih cepat Anda mengenali tubuh Anda dan risiko di balik kondisi tersebut, maka lebih cepat pula masalahnya bisa ditangani.

0 Komentar

Belum ada komentar