Sukses

Lokasi Rumah Dekat Jalan Raya Berisiko Penyakit Dementia!

Lokasi rumah tinggal dekat jalan raya tak hanya membawa keuntungan, tapi juga berisiko terserang berbagai penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan sangat rentan akan terserang berbagai penyakit. Terlebih bagi yang memiliki lokasi tempat tinggal di dekat jalan raya harus lebih mawas diri lantaran sangat rentan terserang penyakit dementia atau pikun.

Dementia merupakan penyakit yang digambarkan dengan adanya sekumpulan gejala. Umumnya ditandai dengan menurunnya daya ingat dan hilangnya fungsi intelek lainnya.

Boston Veterans Administration Medical Center (BVAMC) mendefinisikan dementia sebagai kelainan fungsi intelek yang didapat dan bersifat menetap. Kelainan ini ditandai dengan adanya gangguan setidaknya 3 dari 5 komponen fungsi berikut: gangguan bahasa, memori, visuospasial, emosi, dan kognisi.

Penyebab pasti dari penyakit dementia belum diketahui. Namun, beberapa kemungkinan yang telah diteliti diantaranya keracunan logam, gangguan fungsi imunitas, infeksi virus, polusi udara/ industri, pikun dan sebagainya.

Hong Chen dari Public Health Ontario, Kanada, melakukan studi terhadap 6 juta orang dewasa dari 2001-2012. Hasilnya, mereka yang memiliki rumah berjarak kurang dari 50 meter dari jalan raya mempunyai resiko demensia tujuh persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tinggal >200 m dari jalan raya.

Karena itu, Anda yang memiliki lokasi rumah dekat jalan raya, rentan terkena paparan zat polusi udara –seperti asap kendaraan bermotor memiliki kandungan karbonmonoksida, nitrogen dioksida, logam timbal, dan zat radikal bebas beracun lainnya. Zat-zat tersebut, dapat merusak atau membunuh sel-sel saraf pusat.

Selain itu, zat oksidan bebas sangat memengaruhi daya tahan tubuh. Hal ini membuat Anda mudah terserang berbagai infeksi virus yang dapat menyerang susunan saraf pusat.

Apabila lokasi rumah Anda berada dekat jalan raya, rajinlah mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Jenis makanan tersebut dapat membantu mencegah kerusakan sel saraf penyebab pikun (dementia).

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar