Sukses

5 Kesalahan Saat Makan Buah

Tahukah Anda, salah makan buah dapat mengurangi kandungan yang terdapat dari buah tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Buah-buahan merupakan bagian dari pola makan sehari-hari yang memegang peranan penting untuk kesehatan. Akan tetapi, cara makan buah sendiri harus sesuai dengan anjuran yang ada dengan maksud untuk memaksimalkan manfaat dari buah-buahan tersebut.

Berikut 5 kesalahan yang kerap dilakukan seseorang saat mengonsumsi buah-buahan:

1. Makan buah dalam jumlah berlebih

Layaknya makanan pada umumnya, mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah berlebih juga tidak baik bagi tubuh. Buah yang manis secara umum memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Artinya, dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dalam tubuh. Untuk orang dewasa, jumlah konsumsi buah yang disarankan adalah sekitar 2 cangkir takar buah setiap harinya.

2. Melupakan kulit buah.

Untuk beberapa jenis buah, kulit merupakan bagian yang kaya antioksidan dan vitamin. Sebagai contoh, kulit buah apel kaya akan vitamin A, vitamin C, dan serat. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kulit buah dapat membantu menurunkan risiko obesitas dan kanker.

3. Mengonsumsi buah tanpa hidangan pendamping.

Makan buah sangat baik bila didampingi dengan makanan lain yang kaya akan protein. Contohnya, keju atau selai kacang.

Buah yang meningkatkan produksi hormon insulin diimbangi oleh protein yang meningkatkan produksi hormon glucagon. Keduanya bekerja sama untuk menstabilkan kadar gula darah.

4. Tidak mengonsumsi buah organik.

Walaupun harganya lebih mahal, para pakar mengatakan bahwa buah-buahan organik dapat meningkatkan nutrisi yang didapat oleh tubuh. Hal ini dikaitkan dengan tidak adanya pestisida yang digunakan dalam proses pertumbuhan buah-buahan tersebut.

5. Selalu menyajikan buah dalam bentuk jus.

Beberapa penelitian menemukan bahwa terkadang jus buah tidak mengandung serat sebanyak yang terdapat pada buah-buahan tersebut sendiri. Serat memiliki banyak fungsi yang baik bagi kesehatan.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan secara langsung. Akan tetapi, mengganti konsumsi buah-buahan Anda dengan jus sesekali tidak ada salahnya.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat makan buah bisa mendatangkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan tubuh.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar