Sukses

Perlukah Pakai SPF Lotion saat Musim Hujan?

Tidak hanya saat terik, SPF lotion juga diperlukan saat musim hujan. Bagaimana pandangan dunia medis mengenai hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kesehatan kulit adalah hal penting. Di antara semua jenis krim perawatan, SPF (Sun Protecting Factor) lotion menjadi salah satu yang tidak boleh dilupakan. Namun, benarkah penggunaan SPF lotion tetap dibutuhkan pada musim hujan?

SPF lotion (lebih populer dengan istilah sunblock atau tabir surya) wajib digunakan masyarakat yang tinggal di daerah tropis, seperti Indonesia. Ini karena SPF lotion berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV (ultraviolet) yang dapat mengakibatkan kulit terbakar dan kanker kulit.

Paparan sinar UV memang tidak terus-menerus ada sepanjang waktu. Di Indonesia, paparan sinar matahari yang mengandung UV mulai terjadi sekitar pukul 09.00 dan berakhir saat matahari terbenam sekitar pukul 18.00.

Bagaimana dengan sinar UV saat musim hujan?

Ternyata paparan sinar UV tidak dipengaruhi oleh cuaca. Jadi, sinar UV tetap dapat membahayakan kulit ketika hujan deras maupun panas terik. Ini terutama jika kulit terpapar sinar matahari secara langsung pada pukul 09.00-18.00.

Istilah SPF menunjukkan kemampuan lotion dalam melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Semakin tinggi SPF-nya, semakin baik pula kemampuan SPF lotion untuk melindungi kulit. Untuk melindungi kesehatan kulit secara maksimal, SPF pada lotion harus disesuaikan dengan kondisi cuaca. Semakin lama beraktivitas di luar ruangan, semakin besar pula SPF yang dibutuhkan pada lotion.

Tips dari Vaseline

Untuk beraktivitas, sebaiknya menggunakan Vaseline Healthy White SPF 24. SPF 24 dalam Vaseline Healthy White mampu melindungi kulit dari sinar UV selama beberapa jam. Pengaruh buruk paparan sinar matahari terhadap kulit tidak lagi menjadi masalah. Setelah mengetahui pentingnya SPF lotion untuk kulit, selalu gunakan Vaseline Healthy White SPF 24 secara teratur. Selain kesehatan kulit senantiasa terjaga, aktivitas di tengah perubahan cuaca ekstrem pun tak akan mengganggu kondisi kulit.

0 Komentar

Belum ada komentar