Kulit

4 Bahan Makanan untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

KlikDokter, 08 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pastikan kulit Anda mendapat asupan nutrisi tepat agar selalu sehat dan awet muda.

4 Bahan Makanan untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Perawatan kulit dengan SPF lotion memang bisa menjaga kulit sehat Anda. Menggunakan lotion dengan kandungan SPF 24 saat beraktivitas membuat Anda tak perlu khawatir dengan paparan sinar UV. Kulit Anda pun selalu sehat tanpa perawatan yang merepotkan.

Bukan hanya perawatan dari luar saja yang membuat kulit sehat dan awet muda. Anda juga mesti mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kulit.

Bertambahnya usia adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari. Demikian pula halnya yang terjadi pada kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan kulit akan ikut terpengaruh. Meski demikian, bukan berarti tak bisa yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit sehat Anda. Dengan mengonsumsi asupan makanan yang tepat, proses penuaan dapat diminimalkan.Apa saja bahan makanan yang dapat membuat kulit sehat dan awet muda?

1. Alpukat

Alpukat dikenal dengan julukan buah sejuta manfaat. Istilah tersebut memang tepat karena alpukat memiliki beragam manfaat, termasuk untuk menjaga kesehatan kulit.

Alpukat mengandung biotin, jenis vitamin B kompleks yang berfungsi menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Buah ini juga kaya antioksidan carotenoid, vitamin C, vitamin E, dan asam lemak tak jenuh. Nutrisi tersebut berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaganya agar tetap awet muda.

Alpukat juga dapat digunakan sebagai masker kulit. Kandungan lemak baik pada alpukat akan meresap langsung ke lapisan kulit dan menjaga kulit Anda dari kekeringan.

2. Teh

Tak cuma mampu memberikan efek relaksasi, secangkir teh juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Daun teh mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas.

Efek radikal bebas memang dapat membahayakan kesehatan kulit. Selain menyebabkan penuaan, paparan radikal bebas juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Penelitian membuktikan konsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit serta menjaga kulit sehat dan awet muda.

3. Tempe

Tempe dan olahan kacang kedelai lainnya mengandung isoflavon. Senyawa pada kacang kedelai tersebut merupakan jenis estrogen aktif yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan, mengonsumsi produk olahan kedelai secara teratur dapat memperbanyak lapisan elastin dan kolagen serta memperlancar peredaran darah pada kulit. Hasilnya, kulit jadi tidak mudah keriput, elastis, dan senantiasa sehat.

4. Tomat

Kandungan lycopene pada tomat terbukti dapat berperan sebagai tabir surya alami dari dalam tubuh. Para peneliti menyatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi tomat memiliki kulit yang lebih tahan terhadap paparan sinar UV (ultraviolet) dibandingkan yang tidak mengonsumsi tomat.

Manfaat tomat tersebut tentu sangat berguna bagi masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Daerah beriklim tropis mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun sehingga risiko paparan sinar UV lebih tinggi.

Tips dari Vaseline

Terbukti menjaga kulit sehat tidaklah sulit atau mahal. Dengan asupan nutrisi tepat dan teratur, kulit Anda akan selalu sehat dan awet muda. Untuk melengkapi asupan makanan sehat, gunakan Vaseline Healthy White Perfect 10. Lotion istimewa ini akan membantu mencegah penuaan dini dan menyamarkan kerutan, noda hitam, serta menjaga kesehatan kulit. Memiliki kulit sehat seiring dengan bertambahnya usia pun bukan sekadar impian.

bahan makananKulit SehatAwet Muda

Konsultasi Dokter Terkait