Sukses

Susu Tinggi Protein Efektif Bikin Tubuh Berotot?

Salah satu cara membuat tubuh berotot yang paling sering dilakukan adalah dengan mengonsumsi susu tinggi protein. Apa kata medis tentang ini

Klikdokter.com, Jakarta Prida dengan tubuh berotot, seperti Channing Tatum atau Zac Efron, memang sangat disukai banyak wanita. Karena itu, tak sedikit pria yang berlomba- lomba agar tubuhnya tampak seperti mereka.

Salah satu cara membuat tubuh berotot yang paling sering dilakukan adalah dengan mengonsumsi susu tinggi protein. Ini karena protein dapat bantu tubuh membentuk massa otot. Lantas, apa kata medis tentang ini?

Secara singkat, seseorang membutuhkan asupan protein lebih banyak di saat:

  • Masa pertumbuhan. Remaja membutuhkan asupan protein lebih banyak, karena tubuhnya masih dalam tahap perkembangan.
  • Membentuk massa otot. Jika Anda baru mulai berolahraga dan sedang ingin membentuk tubuh berotot, maka Anda membutuhkan asupan protein lebih banyak.
  • Intensitas olahraga yang meningkat. Misalnya, Anda biasanya olahraga selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Namun beberapa hari kemudian, Anda akan mengikuti lomba maraton. Nah, di saat seperti ini Anda membutuhkan asupan protein lebih banyak.

  • Masa pemulihan cedera. Tubuh yang sedang dalam masa pemulihan dari cedera membutuhkan asupan protein lebih banyak.
  • Vegetarian. Vegetarian biasanya tidak mengonsumsi daging, ikan, atau ayam. Karena itu, mereka membutuhkan asupan protein lebih, yang bisa didapatkan dari sumber lainnya.

Memang, untuk membuat tubuh berotot, Anda butuh asupan protein lebih banyak. Namun, bukan berarti Anda bergantung pada susu tinggi protein.

Pasalnya, protein tidak hanya didapatkan dari susu saja. Ayam, ikan, daging, keju dan yoghurt adalah beberapa contoh asupan yang juga mengandung zat gizi tersebut.

Tak hanya itu, agar massa otot terbentuk secara efektif, Anda juga perlu menghitung sendiri berapa banyak protein yang dibutuhkan dalam sehari.

American College of Sports Medicine dan the Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan 0,8 gr protein/kgBB/hari. Jika rutin berolahraga, Anda membutuhkan 1,1-1,4 gr protein/ kg BB/ hari.

Jika Anda tidak cukup mendapatkannya dari konsumsi ayam, ikan, daging, keju atau yoghurt, susu tinggi protein maupun jenis minuman tinggi protein lainnya bisa Anda jadikan alternatif. Anda bisa mengonsumsinya sesaat setelah berolahraga.

Jadi, untuk membentuk tubuh berotot, di samping susu tinggi protein, Anda tetap harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta berolahraga secara rutin dan teratur. Bila perlu, berkonsultasilah lebih lanjut pada ahli gizi.


(NB, RH)

0 Komentar

Belum ada komentar