Sukses

Kapan Boleh Hamil Setelah Keguguran?

Agar aman, waktu yang tepat untuk hamil setelah keguguran adalah faktor yang harus sangat diperhatikan.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah keguguran, tak sedikit wanita yang takut untuk hamil kembali. Atau setidaknya, mereka menunggu waktu yang tepat untuk hamil lagi. Nah, yang jadi pertanyaan, kapan boleh hamil kembali setelah keguguran?

Tidak dimungkiri, keguguran adalah kejadian yang meninggalkan trauma di hati para wanita. Selain akibat kehilangan sang jabang bayi, tindakan yang dilakukan dokter pada saat keguguran –seperti kuretase atau pemberian obat-obatan melalui vagina– juga terasa sangat tidak mengenakkan bagi wanita tersebut.

Oleh sebab itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar wanita yang baru saja keguguran untuk menunggu tiga sampai enam bulan sebelum merencanakan kehamilan selanjutnya. Ini bertujuan agar kondisi psikis calon ibu benar-benar pulih kembali. Pasalnya, gangguan psikis meningkatkan risiko terjadinya keguguran berulang.

Sehubungan dengan itu, The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan bahwa waktu yang tepat untuk hamil setelah keguguran adalah ketika seorang wanita mulai kembali haid. Karena ini merupakan pertanda umum bahwa kondisi rahim wanita mulai membaik.

Dengan kata lain, bila seorang wanita sudah haid setelah mengalami keguguran, maka dirinya sudah boleh berhubungan seksual untuk mendapatkan kehamilan selanjutnya dengan aman. Tapi perlu diperhatikan juga kondisi mental untuk menentukan kesiapan sang calon ibu.

Ingat, jangan sampai keguguran menghalangi Anda untuk memiliki keturunan. Dengan niat, usaha, dan dukungan penuh dari pasangan, niscaya Anda aman untuk hamil kembali setelah keguguran.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar