Sukses

Mengapa Wanita Hamil Sering Buang Air Kecil?

Baru setengah jam yang lalu buang air kecil, sekarang sudah ingin berkemih lagi. Keluhan ini sangat sering terjadi pada wanita hamil.

Klikdokter.com, Jakarta “Kayaknya jumlah air yang saya minum sama saja dengan sebelumnya, tetapi kenapa saat hamil jadi sering buang air kecil, ya?” Demikian pertanyaan yang sering dilontarkan oleh wanita hamil saat berkonsultasi dengan dokter.

Keluhan sering berkemih saat hamil memang dialami oleh sebagian besar wanita. Tapi jangan khawatir karena hal ini termasuk normal.

Secara umum, kehamilan trimester pertama dan trimester ketiga akan membuat seorang wanita sering buang air kecil. Pada trimester pertama, rahim yang terletak di belakang kandung kemih mulai membesar. Kandung kemih akan mengalami penekanan sehingga tidak dapat menyimpan urine dalam jumlah banyak.

Selain itu, jumlah darah yang bersirkulasi dalam tubuh ibu meningkat pesat dibandingkan saat sebelum hamil. Akibatnya, ginjal akan bekerja keras menyaring darah tersebut, dan kelebihannya akan dikeluarkan melalui urine.

Pada trimester kedua, keluhan sering buang air kecil sudah tidak dirasakan. Sebab rahim membesar dan posisinya agak bergeser ke atas sehingga tidak menekan kandung kemih lagi.

Namun, menjelang persalinan pada trimester ketiga, rahim mulai turun ke dalam rongga panggul dan menekan kandung kemih lagi. Akibatnya, wanita hamil kembali sering berkemih.

Jadi, keluhan sering buang air kecil pada wanita hamil, terutama pada trimester pertama dan ketiga, merupakan hal yang wajar. Namun, keluhan yang disertai dengan nyeri atau rasa terbakar saat berkemih menandakan adanya infeksi saluran kemih yang perlu segera ditangani. Semoga penjelasan kami membantu Anda.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar