Sukses

Minum Banyak Air Putih Efektif Turunkan Berat Badan?

Minum banyak air putih sebelum makan bisa bikin perut lebih kenyang, sehingga membantu turunkan berat badan.

Klikdokter.com, Jakarta Belakangan, minum banyak air putih sebelum makan dijadikan sebagai salah satu trik untuk turunkan berat badan. Masalahnya, seberapa aman dan efektif hal ini?

Sejak dahulu, manfaat air putih bagi kesehatan memang tidak diragukan lagi. Air putih dipercaya dapat membantu memulihkan tenaga setelah berolahraga dan menjaga kelembapan kulit.

Tak hanya itu, air putih juga turut membantu sistem pencernaan untuk membuang limbah yang ada di dalam tubuh. Karena itu, air putih dianggap dapat membantu turunkan berat badan hanya dengan mengonsumsinya dalam jumlah banyak sebelum makan.

Alasannya, melakukan hal tersebut akan membuat perut terasa lebih kenyang. Selanjutnya seseorang akan makan lebih sedikit. Anda penganut paham itu? Sebaiknya hentikan mulai sekarang. Sebab minum air putih terlalu banyak dapat menimbulkan dampak yang sangat berbahaya, bahkan kematian.

Water Intoxication (keracunan air). Begitulah dunia medis menyebut dampak terlalu banyak minum air putih. Karena kondisi ini menyebabkan ketidakstabilan elektrolit dalam tubuh, dengan gejala nyeri kepala, mata berkunang-kunang hingga menyebabkan kematian.

Air putih memang dapat membantu turunkan berat badan. Tapi ada catatan khusus mengenai hal tersebut. Misalnya, mengontrol jumlah kalori yang masuk dan keluar, berolahraga selama 1 jam sebanyak 4 kali dalam seminggu, istirahat cukup, menghindari stres dan merokok serta minum alkohol.

Sekali lagi, minum air putih memang baik bagi kesehatan dan dapat bantu turunkan berat badan. Namun Anda harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Karena jika tidak, bukannya sehat dan langsing, Anda justru berpotensi mengalami kejadian yang menakutkan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar