Sukses

Baru Lahir, Bayi Indra Bekti Meninggal Dunia

Duka menyelimuti pasangan Indra Bekti- Aldilla Jelita. Anak ketiga mereka yang baru saja dilahirkan meninggal dunia.

Kabar duka datang dari selebritas Indra Bekti dan istrinya, Aldilla Jelita. Anak ketiga mereka yang baru saja dilahirkan meninggal dunia pada Selasa malam lalu (31/7/2017).

Bayi yang diberi nama Kenward Athar Indrabekti ini mengembuskan napas tidak sampai setengah jam ia dilahirkan. Menurut dokter, bayi tersebut harus dilahirkan dini karena Aldilla mengalami infeksi kandung kemih. Dalam kasus ini, menunda kelahiran dapat membahayakan nyawa ibu dan janin. Akhirnya, mereka pun setuju untuk melahirkan secara prematur.

Infeksi kandung kemih yang dialami oleh Aldilla bisa terjadi pada setiap wanita hamil. Menurut penelitian, wanita memang lebih sering mengalami infeksi kandung kemih dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan faktor anatomi saluran kemih perempuan yang lebih pendek daripada pria. Risiko ini akan meningkat saat hamil.

Sebanyak 8% wanita hamil mengalami infeksi kandung kemih, dan risikonya akan meningkat saat memasuki usia kehamilan 6-24 minggu. Infeksi kandung kemih ini bisa terjadi karena berbagai faktor –seperti perubahan saluran kemih, perubahan hormon, dan bakteri dari organ lain.

Selain berdampak pada ibu, infeksi kandung kemih juga dapat membahayakan janin. Tidak hanya memicu kelahiran prematur, tetapi juga bisa membuat paru-paru bayi tidak berkembang dan berat badan bayi lahir rendah.

Jika Anda hamil dan terdiagnosis mengalami infeksi kandung kemih, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Semakin cepat diobati, maka risiko bakteri untuk berpindah ke organ ginjal akan semakin berkurang.

Penanganan segera sangat diperlukan. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko infeksi menjalar ke peredaran darah, yang akan mengancam nyawa ibu dan janin.

Untuk mencegah infeksi kandung kemih, disarankan bagi ibu hamil untuk mencukupi asupan air putih (minimal delapan gelas per hari) dan menghindari terlalu lama menahan buang air kecil. Selain itu biasakan membersihkan vagina dari arah depan ke belakang untuk mengurangi risiko perpindahan bakteri dari anus.

Turut berdukacita untuk Indra dan Aldilla.  

[RS/ RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar