Sukses

Ingin Lebih Kreatif? Ini yang Harus Anda Lakukan

Jika merasa kurang kreatif, ada cara untuk mengasah kemampuan tersebut agar lebih tajam. Tidak perlu bingung, begini caranya.

Kreatif adalah kemampuan tersembunyi yang sebenarnya dimiliki oleh setiap orang, termasuk Anda. Jika merasa kurang, asah kemampuan Anda agar lebih tajam.

Suatu penelitian dilakukan oleh Prof. Carol Dweck dan koleganya dari Universitas Stanford, Amerika. Hasilnya, banyak orang percaya bahwa performa seseorang terbentuk karena bakat dari dalam dirinya atau dari pengalaman hidupnya.

Apa maksudnya? Artinya, kreatif adalah suatu kemampuan yang bisa Anda pelajari dan perdalam dengan latihan-latihan khusus.

Untuk meningkatkan kemampuan kreatif yang ada di dalam diri, inilah latihan yang perlu Anda lakukan:

  1. Bercerita kepada diri sendiri

Untuk bisa memaksimalkan kreativitas yang Anda miliki, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah membuat kebiasaan baru. Caranya?

Dengan mengulang penjelasan atau informasi kepada diri sendiri. Ini akan membuat Anda lebih memahami suatu informasi dengan lebih baik dan merangsang munculnya ide-ide yang lebih kreatif.

  1. Buka pikiran lebih luas

Orang-orang yang kreatif biasanya cenderung terbuka dalam menerima suatu ide baru. Maksudnya, hindari menolak suatu masukan meskipun Anda merasa asing dengan hal tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat memadukan masukan-masukan tersebut. Pada akhirnya Anda akan terlatih untuk menghadirkan ide baru yang lebih kreatif.

  1. Selalu tanyakan pertanyaan yang baru

Salah satu faktor penting kreativitas adalah mengingat bahwa semua ide yang dimiliki merupakan bagian dari memori yang diambil otak. Apa artinya?

Artinya, saat menemukan ide cemerlang, Anda dapat menarik informasi dari ingatan yang telah lampau untu kemudian dipadukan. Hal ini akan membentuk pemikiran baru.

Nah, pemikiran baru ini bisa membuat Anda berpikir lebih kreatif dalam suatu hal. Anda pun bisa mencoba untuk melihat suatu permasalahan dari sudut pandang berbeda.

Dengan demikian, otak Anda akan berputar dan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru yang menuntun Anda untuk menjadi lebih kreatif. Mudah, kan?

Ingat, orang yang kreatif tidak menyelesaikan masalah atau pekerjaan hanya dengan satu cara saja. Namun mereka terus menggali informasi dan membiarkan memori terus mencari apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Semakin banyak pertanyaan berbeda yang muncul, semakin kreatif pula ide yang dihasilkan. Jadi, siapkah Anda berlatih untuk menjadi lebih kreatif? Menurut seorang Prof. Psikologi di Universitas West Chester, Pennsylvania, seseorang yang kreatif cenderung hidup lebih lama, lho!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar