Sukses

4 Tip Sederhana Memilih Tempat Playdate untuk Anak

Agar playdate, atau acara bermain bersama berjalan lancar, orangtua harus memilih tempat yang tepat. Ini tipnya.

Belakangan, playdate semakin ngetren dilakukan oleh para ibu-ibu muda. Istilah playdate memiliki arti ketika anak-anak bermain bersama. Misalnya, para orangtua mengajak anak-anaknya berkumpul berenang, piknik atau kemping bersama.

Nah, agar acara bermain bersama ini berjalan lancar, para orangtua perlu memilih tempat yang sesuai. Ini agar anak beserta para orangtuanya dapat berekreasi sekaligus mengawasi anak berinteraksi dengan rekan sebayanya.

Berikut ini adalah tip memilih tempat playdate untuk anak.

  1. Di rumah lebih baik

Rumah menjadi tempat paling aman dan nyaman untuk playdate. Sebab semua keperluan anak pasti tersedia di tempat ini.

Bila anak masih menyusui, ibu dapat melakukannya dengan nyaman. Bila anak lapar, ia dapat makan sesuai keinginannya. Bila mengantuk, anak bisa tidur dengan nyenyak.

Jika ini adalah kali pertama Anda merencanakan playdate untuk anak, rumah Anda atau orangtua lainnya bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebaiknya rumah tersebut memiliki sebuah ruangan yang cukup luas. Pastikan juga Anda membawa mainan kesayangan anak untuk dimainkan bersama teman-temannya di ruangan tersebut.

  1. Restoran dengan area bermain

Bosan di rumah? Anda bisa mencoba playdate di mal. Saat ini ada banyak restoran yang dilengkapi dengan area permainan.

Di sana, anak-anak bisa bermain, sementara orangtua bisa berinteraksi satu sama lain sambil memesan makanan. Kelebihan lainnya adalah restoran yang memiliki area bermain biasanya bebas asap rokok.

Dalam memilih restoran, sebaiknya hindari restoran dengan konsep fine dining, atau kafe-kafe kopi. Pasalnya, restoran tersebut umumnya menggunakan meja kaca dengan sudut lancip yang tidak sesuai dengan aktivitas anak. Pengunjung restoran tersebut juga biasanya menyukai ketenangan.

  1. Hindari lokasi yang terlalu ramai

Lokasi yang terlalu ramai sebaiknya dihindari. Ini penting untuk menjaga anak tetap aman. Selain lebih sulit mengawasi, lokasi yang terlalu ramai juga meningkatkan risiko cedera pada anak akibat bertabrakan, terinjak, dan sebagainya.

  1. Hindari tempat dengan sedikit mainan

Berada di tempat dengan mainan terbatas berpotensi membuat anak bertengkar dan berebut mainan. Ini karena anak belum mampu berbagi dengan teman sebayanya.

Sebagai alternatif, bila akan melakukan playdate di lokasi dengan mainan terbatas, Anda dapat menyiasatinya dengan membawa beberapa mainan dari rumah untuk digunakan bersama-sama.

Mudah, bukan? Yuk, pastikan playdate yang dilakukan anak berdampak positif bagi tumbuh kembangnya!

(NB/ RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar