Sukses

Jalani Terapi Radiasi Kanker Payudara, Kulit Yana Zein Melepuh

Terapi radiasi yang dijalani Yana Zein untuk melawan kanker payudara, menyebabkan kulit pemain sinetron senior ini melepuh. Kok bisa?

Yana Zein, pemain sinetron senior, masih terus berusaha berjuang melawan kanker payudara yang hinggap di dirinya. Setelah kemoterapi, saat ini ia menjalani terapi radiasi dengan harapan dapat menyembuhkan penyakitnya.

Bintang yang popular di era 90an ini telah menjalani pengobatan kanker payudara selama lebih dari satu tahun. Setelah melalui rangkaian operasi dan kemoterapi yang menghabiskan banyak biaya, penyakit kanker payudaranya belum menunjukkan tanda kesembuhan.

Bahkan, penyakit yang awalnya ditemukan di tubuh Yana Zein pada stadium tiga, kini telah berada di stadium akhir. Pantang menyerah, artis yang terkenal melalui sinetron “Cintaku Di Rumah Susun” ini mengikuti anjuran dokter untuk menjalani terapi radiasi.

Pihak keluarganya menginformasikan bahwa Yana Zein dijadwalkan untuk menjalani terapi radiasi sebanyak 25 kali. Belum juga menjalani hingga 5 kali terapi, Yana Zein mulai merasakan efek sampingnya.

“Lemas banget karena kemarin-kemarin menjalani radiasi. Efek dari radiasi ada luka yang melepuh di area payudara sebelah kiri, jadi sakit banget rasanya”, tuturnya dengan lemah.

Terapi radiasi merupakan salah satu jenis pengobatan kanker yang menggunakan sinar-X, sinar gamma, atau partikel berenergi tinggi lainnya untuk membunuh sel kanker. Terapi ini memang dapat menjadi salah satu pilihan pengobatan kanker payudara stadium akhir.

Namun tujuannya bukan untuk menyembuhkan kanker, melainkan untuk mengurangi gejala yang dialami penderita. Sebab, terapi radiasi bermanfaat untuk mengecilkan ukuran kanker dan mengurangi nyeri akibat kanker.

Layaknya jenis pengobatan lainnya, terapi radiasi juga memiliki efek samping. Salah satu efek samping yang sering terjadi adalah iritasi kulit, seperti yang dialami Yana Zein.  Sebab radiasi tidak hanya membunuh sel kanker saja, melainkan sel-sel sehat di sekitarnya, yang juga ikut terpapar sinar radiasi.

Tak hanya itu, rasa lelah juga merupakan efek samping terapi radiasi yang banyak ditemui. Bila dilakukan di daerah perut atau otak, tak jarang juga menyebabkan efek samping mual. Berita baiknya, efek samping dari terapi radiasi akan hilang secara perlahan, setelah proses radiasi selesai dilakukan.

Mari kita doakan agar kondisi Yana Zein segera membaik. Semoga ia tetap kuat menghadapi segala rintangan akibat kanker payudara yang hinggap di tubuhnya.

(NB/ RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar