HIV atau AIDS

HIV Dapat Menular Lewat Toilet Umum, Mitos atau Fakta?

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 27 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak mitos dan fakta beredar di masyarakat tentang cara dan media penularan virus HIV. Salah satunya penularan HIV lewat toilet. Bagaimana fakta medisnya?

HIV Dapat Menular Lewat Toilet Umum, Mitos atau Fakta?

Penyakit HIV masih menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi masyarakat Indonesia dan lekat dengan berbagai kabar simpang siur. Salah satunya terkait penularannya. Masih banyak yang meyakini bahwa salah satu cara penularan HIV adalah lewat toilet umum. Benarkah demikian? 

Virus HIV merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1920, kasus infeksi HIV di dunia terus bergerak naik. Di Indonesia sendiri, per Juni 2019, jumlah penderita HIV tercatat sebanyak lebih dari 340.000 orang. 

Apakah Penularan HIV Dapat Terjadi Melalui Toilet Umum?

Infeksi HIV dapat melalui berbagai cara. Tiga di antaranya adalah media penularan tertinggi, yaitu hubungan seksual dengan lawan jenis yang positif HIV, penggunaan obat terlarang melalui jarum suntik, dan hubungan seksual sejenis yang positif HIV.

Artikel Lainnya: Berbagi Makanan dengan ODHA, Bisakah Tertular HIV?

Mengetahui hal tersebut di atas, apakah penularan HIV lewat toilet dapat terjadi? Untuk menjawab hal tersebut, perlu diketahui bahwa HIV disebarkan melalui cairan tubuh yang spesifik, yaitu darah, cairan sperma, cairan vagina dan rektal, serta ASI.

Cairan-cairan tersebut sangat jarang ada pada benda-benda di tempat umum. Kalaupun ada, virus HIV tidak dapat bertahan lama di udara bebas. Dalam hitungan menit, virus sudah tak mampu menular ke orang lain.

Selain itu, untuk menularkannya pun diperlukan jumlah virus yang cukup banyak. Toilet bersih umumnya tidak mengandung jumlah virus sebanyak itu. Itulah sebabnya, penularan lewat toilet umum adalah mitos belaka. 

Demikian pula dengan mitos lainnya, seperti berjabat tangan, penggunaan alat makan bersama, gigitan nyamuk, dan berenang di kolam renang umum bukanlah cara penularan HIV. 

Saat di luar tubuh, virus HIV akan mati dengan cepat dan tidak dapat menular ke orang lain.

Nah, sudah jelas bukan? Cara penularan HIV yang paling sering adalah melalui hubungan seksual dengan pasangan yang positif HIV dan penggunaan jarum suntik. Penularan HIV lewat toilet umum hanyalah kabar burung yang tidak terbukti kebenarannya.

Ingin tahu fakta di balik berbagai mitos seputar HIV? Segera unduh aplikasi KlikDokter di ponsel Anda dan dapatkan info kesehatan yang menarik dan terpercaya.

(HNS/AYU)

Penularan HIVHIVAIDS

Konsultasi Dokter Terkait