Sukses

Hiperpoliglot, Ketika Manusia Menguasai 100 Bahasa

Tahukah Anda bahwa seorang manusia bisa menguasai lebih dari 100 bahasa? Simak selengkapnya di sini.

Dengan berkembangnya pengetahuan di seluruh dunia, hampir setiap orang dapat menggunakan lebih dari satu bahasa dalam aktivitas sehari-hari.

Memang, pemahaman bahasa yang baik dapat mempererat hubungan antar individu yang berasal dari bagian dunia yang berbeda.

Perlu diketahui, mereka yang bisa menguasai lebih dari satu bahasa disebut dengan poliglot. Namun dewasa ini, muncul pula istilah hiperpoliglot, yang berarti seseorang dapat menggunakan berbagai bahasa.

Batasan jumlah bahasa untuk istilah hiperpoliglot bervariasi. Beberapa sumber mengatakan enam, beberapa lainnya mengatakan dua belas. Namun sebenarnya, berapa banyak jumlah bahasa yang dapat dikuasai oleh seorang manusia?

Saat ini, Guinness World Record untuk kemampuan berkomunikasi menggunakan jumlah bahasa terbanyak dipegang oleh seorang hiperpoliglot yang berasal dari Lebanon, bernama Ziad Fazah.

Ziad dikatakan mampu membaca dan berbicara menggunakan 59 bahasa, termasuk Arab, Polandia, Thailand, Urdu, Norwegia, dan lainnya.

Namun, berbagai bahasa yang dikuasai Ziad bervariasi dalam tingkat kefasihan. Ada beberapa yang beliau fasih dalam membaca dan menulis. Ada pula beberapa yang hanya dapat digunakan untuk percakapan umum saja.

Seorang hiperpoliglot lain yang juga diketahui memahami sekitar 50 bahasa adalah Alexander Arguelles. Untuk jumlah pasti bahasa yang dikuasai, beliau tidak dapat menyatakannya secara pasti. Ini karena dirinya dapat membaca dan berbicara menggunakan sekitar 36 bahasa, namun telah mempelajari lebih banyak lagi.

Kegigihannya untuk mempelajari dan bekerja menggunakan berbagai bahasa tersebut patut diacungi jempol.

Jumlah bahasa terbanyak yang diketahui dapat digunakan oleh satu individu adalah 100. Hal ini diklaim oleh Sir John Bowning, gubernur keempat Hong Kong, yang mengatakan bahwa beliau pernah mempelajari sekitar 200 bahasa, dan dapat menggunakan 100 bahasa dalam kesehariannya.

Namun, tidak ada data tercatat yang menunjukkan seberapa fasih beliau menggunakan bahasa-bahasa tersebut.

Dengan berkembangnya dunia, tidak dapat dimungkiri bahwa memahami lebih dari satu bahasa merupakan hal yang penting untuk berinteraksi dengan orang lain. Ada banyak manfaat yang dapat diraup dari mempelajari bahasa baru, yang dapat membuka jalan Anda untuk mencapai sesuatu yang dituju.

Jadi, sudah berapa banyak bahasa yang Anda kuasai sampai hari ini?

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar