Sukses

Minum Air Kelapa, Amankah untuk Ibu Hamil?

Manfaat air kelapa bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Namun, amankah ibu hamil mengonsumsi air kelapa? Simak penjelasannya.

Kehamilan merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar wanita. Pada masa ini, wanita perlu memperhatikan semua hal yang dilakukannya agar tidak berdampak negatif terhadap calon bayi dalam kandungannya.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah mengenai nutrisi. Karena nutrisi memberikan peran yang sangat besar dalam proses kehamilan dan pertumbuhan janin. 

Berbicara soal nutrisi, air kelapa cukup sering direkomendasikan untuk ibu hamil. Meski begitu, ada banyak mitos dan fakta mengenai manfaat air kelapa bagi kesehatan, termasuk pada ibu hamil.  

Ada sebagian yang percaya bahwa mengonsumsi air kelapa selama kehamilan akan membuat bayi bersih saat lahir. Namun, beberapa lainnya menganggap minum air kelapa justru tidak baik selama kehamilan. Lalu, bagaimana hal ini bila dilihat dari sudut pandang dunia medis? 

Artikel lainnya: 8 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

1 dari 3 halaman

Amankah Air Kelapa bagi Ibu Hamil?

Pada dasarnya mengonsumsi air kelapa aman bagi ibu hamil. Tubuh ibu hamil membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga status hidrasi selama kehamilan. 

Selain itu, cairan yang cukup selama kehamilan juga diperlukan untuk memproduksi cairan ketuban dan menambah volume darah untuk ibu dan janin. 

Karena air kelapa mengandung kadar air yang tinggi dan bersifat alami, maka sebenarnya mengonsumsi air kelapa selama kehamilan aman. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya sekadar aman, mengkonsumsi air kelapa selama kehamilan ternyata juga memberikan berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi air kelapa selama kehamilan:

  1. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, air kelapa dapat menjadi sumber pemenuhan kebutuhan cairan yang meningkat selama kehamilan, sehingga dapat mencegah dehidrasi. Alhasil, metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lebih optimal.

Artikel lainnya: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Secara tidak langsung, jika kebutuhan cairan tubuh baik, maka produksi urine pada ibu hamil juga akan baik. Produksi urine yang lancar penting untuk mencegah infeksi saluran kemih pada ibu hamil. 

Infeksi saluran kemih cukup sering terjadi pada ibu hamil. Jika kondisi ini tidak ditangani sebagaimana mestinya, maka infeksi akan memburuk hingga mengganggu ginjal. Akibatnya, bisa menyebabkan kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah. 

  1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Elektrolit Tubuh

Selain air, air kelapa juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C dan B12, serta berbagai elektrolit yang diperlukan tubuh seperti klorida, potasium, magnesium, natrium, dan kalsium. Tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung gula sehingga dapat mencegah terjadinya hipoglikemia selama kehamilan.

Ada pula yang bertanya-tanya, lebih bermanfaat mana kelapa muda atau kelapa tua? Pada dasarnya, kelapa muda maupun kelapa tua memiliki manfaatnya masing-masing. Nutrisi dalam air kelapa muda mungkin lebih banyak ketimbang air kelapa tua, tetapi daging kelapa tua juga mengandung zat gizi yang penting. 

Bila Anda dalam keadaan haus dan memerlukan cairan pengganti tubuh, Anda dapat mengonsumsi air kelapa muda. Namun, jika Anda memerlukan kalori yang lebih banyak maka pilihlah daging kelapa tua.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Air Kelapa

Walaupun aman dan bermanfaat, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi air kelapa selama kehamilan, yaitu:

  • Konsumsilah air kelapa secukupnya, tidak berlebihan
  • Selalu pilih buah kelapa segar, bersih, dan berwarna hijau
  • Minum air kelapa segera setelah kelapa dibuka
  • Lebih baik minum air kelapa secara alami tanpa ditambahkan gula/sirop

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar manfaat air kelapa bagi ibu hamil, Anda dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar