Kehamilan

Minum Air Kelapa, Amankah untuk Ibu Hamil?

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 11 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Air kelapa memang bermanfaat. Namun, amankah air kelapa untuk ibu hamil? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

Minum Air Kelapa, Amankah untuk Ibu Hamil?

Kehamilan merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar wanita. Pada masa tersebut, wanita perlu memperhatikan semua hal yang dilakukannya agar tidak berdampak negatif terhadap calon bayi dalam kandungan.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah mengenai nutrisi. Karena nutrisi memberikan peran yang sangat besar dalam proses kehamilan dan pertumbuhan janin. 

Berbicara soal nutrisi, air kelapa cukup sering direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Meski begitu, ada banyak mitos dan fakta mengenai manfaat air kelapa bagi kesehatan, termasuk pada ibu hamil.  

Ada sebagian yang percaya bahwa mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil bisa membuat bayi bersih saat lahir. Namun, beberapa lainnya justru menganggap ada bahaya air kelapa untuk ibu hamil. Bagaimana fakta medis soal ini? 

Adakah Risiko Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil?

Pada dasarnya, mengonsumsi air kelapa aman bagi ibu hamil. Tubuh ibu hamil membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga status hidrasi selama kehamilan. 

Selain itu, cairan yang cukup selama kehamilan juga diperlukan untuk memproduksi cairan ketuban dan menambah volume darah untuk ibu dan janin. 

Karena air kelapa mengandung kadar air yang tinggi dan bersifat alami, maka sebenarnya mengonsumsi air kelapa selama kehamilan aman. 

Bahkan, minum air kelapa untuk ibu hamil justru mendatangkan banyak manfaat. Beberapa manfaat ibu hamil minum air kelapa antara lain adalah:

  • Mencegah dehidrasi. Meminum air kelapa dapat membantu mencegah terjadinya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dapat menimbulkan efek negatif pada ibu hamil. 
  • Mencegah infeksi saluran kemih. JIka kebutuhan cairan tubuh baik, produksi urin pun akan baik dan hal ini akan membantu mencegah infeksi saluran kemih. 
  • Membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan elektrolit tubuh. Air kelapa mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C dan B12, serta berbagai elektrolit yang penting untuk menjaga keseimbangan mikronutrien dalam tubuh. 

Artikel lainnya: Air Kelapa untuk Penderita Asam Lambung, Baik atau Buruk?

Tips Konsumsi Air Kelapa Saat Hamil

Akan tetapi, meskipun aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manfaat minum air kelapa bagi ibu hamil tetap optimal. Berikut beberapa tipsnya. 

Konsumsi Secukupnya

Anda perlu mengonsumsi air kelapa secukupnya, tidak berlebihan. Perlu diingat pula untuk tidak mengonsumsi air kelapa sebagai pengganti air putih. 

Ibu hamil tetap memerlukan air putih untuk memastikan kebutuhan cairan setiap hari. 

Pilih Buah Kelapa Segar dan Bersih

Selalu pilih buah kelapa yang bersih, masih segar, dan berwarna hijau. Air yang berasal dari kelapa jenis ini relatif lebih segar dan kaya nutrisi. 

Minum Segera Setelah Dibuka

Minum air kelapa segera setelah kelapa dibuka. Hal ini dapat mencegah air kelapa terkontaminasi berbagai bakteri atau kuman penyebab penyakit. 

Lebih Baik Tanpa Tambahan Gula/Sirup

Lebih baik minum air kelapa secara alami tanpa ditambahkan gula/sirup. Air kelapa sendiri sudah mengandung gula dan membuat rasanya terasa manis. 

Jika Anda tambahkan gula atau sirup, rasanya akan semakin manis dan meningkatkan risiko berbagai penyulit kehamilan lainnya, seperti diabetes gestasional dan kenaikan berat badan berlebihan. 

Jadi, minum air kelapa untuk ibu hamil termasuk aman dilakukan, malah dapat mendatangkan berbagai manfaat. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal di atas sebelum mengonsumsi air kelapa. 

Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya serta kontrol rutin ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi janin dan kehamilan Anda selalu sehat. 

Bila Anda masih ragu soal aman atau bahaya minum air kelapa saat hamil muda, jangan ragu untuk berkonsultasi melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter

(HNS/JKT)

KehamilanAir Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait