Sukses

Catat! 10 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Jumlah Sperma

Jumlah sperma yang kurang merupakan salah satu penyebab pasangan suami-istri sulit mendapatkan keturunan. Makanan yang tepat dapat meningkatkan jumlah sperma secara alami.

Pria dan wanita sama-sama berperan memperkecil atau memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Pada pria, salah satu penyebabnya ialah jumlah sperma yang kurang.

Jumlah sperma dianggap kurang apabila pada pemeriksaan laboratorium terdapat kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani. Jumlah sperma yang kurang ini diketahui berhubungan dengan rendahnya kadar ion seng (zinc/Zn) dan vitamin-vitamin penting dalam tubuh.

Dari hal tersebut bisa terlihat bahwa makanan Anda angat menentukan jumlah dan kualitas sperma. Berikut adalah sepuluh makanan yang dapat meningkatkan jumlah sperma secara alami:

  1. Telur

Telur kaya akan vitamin E dan protein yang dapat melindungi sperma dari radikal bebas yang merusak. Kandungan zat gizi dalam telur juga berperan dalam menghasilkan sperma yang kuat, sehat, serta memiliki pergerakan yang baik.

  1. Bayam

Bayam dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber utama dari asam folat yang diperlukan untuk perkembangan sperma yang sehat. Kadar asam folat yang rendah berhubungan dengan bentuk dan kualitas sperma yang buruk. Selain itu, peluang kelainan bawaan pada janin juga meningkat akibat kelainan genetik di dalam sperma itu sendiri.

  1. Pisang

Vitamin A, B1, dan C yang ada di dalam pisang akan membantu tubuh Anda memproduksi sperma yang sehat. Pisang juga mengandung enzim bromelin yang merupakan antiradang alami, sehingga jumlah sperma meningkat dan pergerakannya baik.

  1. Cokelat hitam

Kandungan asam amino L-arginine dalam cokelat hitam ditemukan dapat meningkatkan volume air mani dan jumlah sperma. 

  1. Asparagus

Asparagus sangat kaya akan vitamin C, yang melindungi sel-sel penghasil sperma dari serangan radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan volume dan kecepatan pergerakan sperma.

  1. Brokoli

Selain bayam, brokoli juga kaya akan asam folat. Pada satu studi, diketahui bahwa jumlah sperma pria yang mengonsumsi brokoli satu porsi sehari dapat meningkat hingga 70%.

  1. Semangka

Semangka kaya akan kandungan likopen, sejenis antioksidan. Diketahui bahwa mengonsumsi satu potong semangka per hari dapat meningkatkan jumlah sperma yang sehat hingga 37,5%.

  1. Kacang kenari

Kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang meningkatkan jumlah sperma serta memperlancar aliran darah ke testis. Kacang ini juga mengandung asam amino arginine yang meningkatkan volume air mani dan antioksidan.

  1. Bawang putih

Kandungan bawang putih yang paling penting untuk menghasilkan sperma yang sehat ialah vitamin B6 dan selenium. Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk ‘membersihkan’ pembuluh darah, sehingga aliran darah ke testis lebih baik.

  1. Makanan yang kaya kandungan ion seng

Tiram merupakan salah satu sumber utama ion seng, yang membantu produksi sperma. Konsumsi 15 mg ion seng atau 50 gram tiram per hari dapat meningkatkan produksi sperma. Selain tiram, sumber ion seng lainnya adalah jali, daging merah, dan kacang-kacangan.

Bila Anda sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan, jumlah sperma merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan usaha Anda. Sediakan makanan-makanan tersebut untuk dikonsumsi setiap hari.

(TT/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar