HomeInfo SehatTulangWaspada! Nyeri Tulang Belakang Kerap Menyerang Usia Muda
Tulang

Waspada! Nyeri Tulang Belakang Kerap Menyerang Usia Muda

Klikdokter, 22 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Siapa bilang sakit tulang belakang cuma menyerang orang tua? Penyakit ini juga mengintai usia muda, lho! Simak penyebab sakit tulang belakang pada usia muda di sini.

Waspada! Nyeri Tulang Belakang Kerap Menyerang Usia Muda

Kebanyakan orang yang masih muda sering kali menganggap sakit tulang belakang hanya dialami oleh orang tua. Padahal, kondisi ini bisa juga menyerang usia muda, contohnya pada umur 20-30an. 

Nyeri tulang belakang yang dialami tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari hingga menurunkan kualitas hidup. 

Terdapat beberapa penyebab tulang belakang sakit pada usia muda. Berikut ini di antaranya: 

1. Otot yang Tegang

Jika kamu sering mengalami sakit tulang belakang, bisa jadi itu dipicu oleh otot yang tegang.  

Kondisi ini bisa terjadi karena posisi bekerja yang tidak ergonomis dan jarang melakukan peregangan. Segeralah ubah pola hidup agar kualitas hidupmu tetap terjaga. 

2. Robekan Otot

Ligamen dan otot punggung dapat mengalami cedera, bahkan robekan. Hal ini bisa terjadi jika ada riwayat trauma pada daerah tulang belakang. 

Apabila kamu mengalami robekan kecil, maka dapat menyebabkan sakit di area tulang belakang. Selain itu, keluhan yang bisa timbul berupa sulit berjalan dan berdiri tegak tanpa rasa nyeri.

Artikel Lainnya: Cara Menjaga Kesehatan Punggung dan Tulang Belakang

3. Penyakit Diskus Degeneratif 

Ini juga bisa menjadi penyebab tulang belakang sakit pada usia muda. Penyebabnya bisa karena ada cedera atau faktor genetik. 

Jika diskus antar tulang mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan peradangan, tulang belakang tidak stabil, dan kekakuan otot. 

Gejala yang dapat dialami meliputi sakit tulang belakang yang memburuk saat duduk, kaku otot yang dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa bulan, dan berjalan akan terasa lebih nyaman dibanding duduk atau berdiri. 

4. Hernia Nukleus Pulposus (HNP) 

2 Gerakan Ini Bisa Pulihkan Cedera Punggung Bawah Akibat Olahraga. Source: Dr J .I's ArthritisPlusGel

Hernia nukleus pulposus sering disebut juga dengan “saraf terjepit”. 

Salah satu faktor risiko HNP adalah pekerjaan. Misalnya terlalu sering mengangkat beban berat, sehingga mengakibatkan tekanan pada tulang belakang dan penonjolan nukleus pulposus. 

Selain itu, bisa juga dipicu oleh adanya riwayat cedera atau terjatuh. HNP umumnya terjadi di daerah lumbal (tulang belakang bagian bawah), paling sering di L3-L5. 

Artikel Lainnya: Postur Tubuh yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

5. Spondylolisthesis 

Sakit tulang belakang usia muda bisa disebabkan oleh kondisi ini. Adanya trauma atau cedera pada tulang belakang dapat mencetuskan spondylolisthesis.

Bahkan, kondisi ini dapat dialami oleh orang usia muda yang sehat. Pada spondilolistesis, salah satu ruas tulang belakang bergeser dari tempatnya sehingga mencederai jaringan dan saraf di sekitarnya. 

Beberapa gejala yang dapat dialami, yaitu nyeri punggung bawah yang makin berat saat beraktivitas dan berdiri lalu sering membaik dengan berbaring, ketegangan otot, kekakuan pada punggung, serta rasa nyeri atau kebas.

6. Infeksi

Infeksi dapat menjadi penyebab tulang belakang sakit pada usia muda. Misal, infeksi pada tulang belakang. Salah satu pemicunya adalah tuberkulosis

Penderita bisa mengeluhkan nyeri tulang belakang. Bahkan jika terjadi penyempitan serabut saraf, kelumpuhan juga dapat terjadi.

7. Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah penyakit peradangan yang menyerang tulang belakang dan bagian sendi tubuh lainnya. 

Kondisi ini biasanya terjadi pada saat usia remaja belasan tahun atau dewasa muda.

Pasien bisa merasakan adanya kekakuan pada sendi tulang belakang yang menyebabkan gangguan gerakan.

Itulah berbagai penyebab tulang belakang sakit pada usia muda. Mulai dari otot yang tegang hingga spondylolisthesis.

Karena itu, kamu perlu berhati-hati karena sakit tulang belakang juga bisa terjadi di usia muda. 

Bila mengalami gejala-gejala di atas yang tak kunjung membaik, konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis ortopedi atau via Live Chat dengan dokter di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Nyeri Tulang Belakang

Konsultasi Dokter Terkait