Sukses

Waspada! Nyeri Tulang Belakang Kerap Menyerang Usia Muda

Siapa bilang nyeri tulang belakang hanya terjadi pada orangtua? Anda yang berusia muda juga bisa mengalaminya. Simak disini

Sendy (26), merasakan nyeri yang sangat luar biasa di bagian punggung saat melakukan perjalanan dari Yogyakarta menuju Jakarta. Ia pun dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh teman-temannya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter menemukan cedera tulang belakang di tubuh Sendy. Kemungkinannya, ini disebabkan karena banyak mengangkat barang berat selama bertugas di luar kota.

Berikut ini empat kondisi yang dapat menyebabkan nyeri tulang belakang disaat usia muda:

  • Ketegangan otot punggung

Ketegangan otot- otot punggung merupakan penyebab nyeri punggung yang paling sering menyerang usia muda. Hal ini dapat disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak anatomis saat duduk, tidur, membungkuk atau aktivitas lainnya. Secara tidak sadar, hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari ini dapat menyebabkan ketegangan otot dan nyeri punggung.

  • Peradangan sendi tulang belakang

Peradangan sendi tulang belakang paling sering disebabkan oleh pengapuran sendi tulang belakang. Pada orang kegemukan (obesitas), setiap hari sendi-sendi pada tulang belakang berusaha menahan beban dari tubuh. Nah, hal ini dapat memicu terjadinya pengapuran sendi. Gejala-gejala awal dari pengapuran sendi ini pada sebagian orang sudah dapat dirasakan sejak usia muda.

  • Infeksi kuman TB pada tulang belakang

Walaupun jarang terjadi, perlu diketahui bahwa kuman TB yang biasanya menyerang paru-paru ternyata juga dapat menginfeksi tulang belakang. Pada infeksi ini, biasanya akan muncul benjolan pada tulang belakang yang disertai nyeri.

  • Cedera pada tulang belakang dan persarafan

Cedera pada tulang belakang misalnya karena kecelakaan lalu lintas, mengangkat benda yang terlalu berat, jatuh dari ketinggian, terbentur benda keras, dan pukulan  dapat pula menyebabkan nyeri pada tulang belakang. Biasanya nyeri tulang belakang diakibatkan adanya cedera yang bersifat akut.

Nah, di antara penyebab di atas, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan. Misalnya dengan memperbaiki posisi tubuh, mencegah obesitas, dan melindung tulang belakang dari berbagai kemungkianan cedera. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat mencegah ketidaknyamanan akibat nyeri pada tulang belakang di usia muda dan di usia tua nantinya.

(DA/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar