Sukses

5 Makanan yang Kaya Zat Besi

Bayam dikenal sebagai salah satu sumber zat besi yang tinggi. Namun, sebenarnya masaih ada sumber zat besi lainnya yang tak kalah dari bayam. Penasaran?

Anda masih ingat dengan film kartun Popeye? Pelaut yang satu ini dikenal akan kekuatan supernya karena makan bayam. Wajar saja, sebab bayam kaya akan zat besi.

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh sebagai sarana transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Apabila kekurangan zat besi, maka Anda dapat terkena anemia. Jika hal tersebut berlangsung secara terus menerus, bisa terjadi kegagalan organ.

Namun selain bayam, beberapa sumber makanan berikut ini juga dapat menghasilkan sumber zat besi diantaranya:

  • Hati

Hati dari sumber hewani seperti sapi atau ayam, tinggi akan zat besi. Satu iris hati sapi mengandung zat besi sebanyak 5mg. Namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan agar kolesterol Anda tidak melonjak. Jika tidak suka hati, Anda bisa memilih sumber hewani lain, seperti kuning telur dan daging sapi yang juga kaya akan zat besi.

  • Tiram

Makanan laut yag satu ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Ditambah lagi, Anda juga bisa memeroleh kebutuhan zinc dan vitamin B12. Seekor tiram berukuran sedang mengandung 3– 5 mg zat besi yang akan memenuhi kebutuhan harian zat besi Anda. Tak suka tiram? Anda bisa memilih ikan laut dalam seperti tuna dan salmon yang juga mengandung zat besi, meski tidak setinggi tiram dan kerang.

  • Sereal

Menu makan pagi Anda adalah sereal? Pilihan Anda sudah tepat! Anda bisa memilih sereal yang terfortifikasi (lihat pada kemasan) yang mengandung zat besi. Selain zat besi Anda juga bisa memperoleh vitamin dan mineral seperti serat, zinc, kalsium dan vitamin B.

  • Kacang kedelai

Kacang kedelai memang memiliki rasa yang unik dan lezat. Baik itu dikonsumsi langsung atau dalam bentuk susu, sama saja lezatnya. Dalam 300gr kacang kedelai mengandung setidaknya 4 mg zat besi.

  • Tahu

Menu olahan tahu tentu sudah tak asing di lidah orang Indonesia. Makanan yang satu ini ternyata mengandung kadar zat besi yang cukup tinggi. Dalam 100gr tahu terdapat 3.4mg zat besi yang dapat memenuhi 19% kebutuhan harian zat besi Anda!

Oleh karena itu, pastikan Anda beserta sekeluarga memeroleh kebutuhan zat besi yang cukup setiap hari dengan melalui makanan- makanan yang kaya akan zat besi. Anda pun bisa sebugar Popeye meski tak harus makan bayam.  

(DA/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar