Sukses

Mitos dan Fakta Soal Haid yang Harus Anda Tahu

Berbagai macam mitos haid yang beredar di masyarakat membuat para wanita khawatir. Benar tidak, ya? Ini fakta menstruasi yang perlu Anda tahu.

Pernah mendengar kalau wanita yang sedang haid tidak boleh keramas? Atau tidak boleh berolahraga sama sekali?

Terdapat banyak sekali mitos haid yang beredar di masyarakat. Kehadiran mitos-mitos ini sayangnya tidak membantu wanita untuk merasa lebih aman, namun justru khawatir. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja mitos haid dan fakta menstruasi agar tidak terjebak serta merugikan diri sendiri. 

Tidak Boleh Keramas

Banyak wanita percaya pada mitos haid yang satu ini. Mereka berpendapat pori-pori kulit kepala menjadi terbuka lebar sehingga tidak diperbolehkan keramas. Padahal faktanya, hal ini tidak ada hubungannya dengan pori-pori kepala mengingat proses menstruasi terjadi di alat reproduksi. Tetap jaga kebersihan itu penting!

1 dari 5 halaman

Tidak Boleh Minum Air Dingin

Mitos haid yang lain adalah minum air dingin dipercaya dapat membuat darah haid beku sehingga alirannya menjadi lambat. Fakta tentang menstruasi yang tepat adalah ketika Anda minum air dingin, itu akan melalui saluran pencernaan dan menjadi hangat di dalam lambung. Jadi tidak ada hubungannya dengan darah haid.

Artikel lainnya: Fase Menstruasi yang Wanita Perlu Tahu

Tidak Boleh Berenang

Mitos haid yang berkembang di masyarakat adalah berenang saat haid dipercaya dapat membuat mandul dan kolam tercampur darah. Nyatanya, berenang tidak dilarang saat menstruasi. Berenang justru dapat membantu meregangkan otot di sekitar punggung yang ikut nyeri ketika sedang haid.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berenang di kala haid. Misalnya, selalu gunakan pembalut baru setiap sebelum berenang. Pembalut yang basah akan mudah bocor ketika di air.

2 dari 5 halaman

Tidak Boleh Berolahraga

Banyak yang percaya bahwa wanita haid tidak disarankan berolahraga, karena akan membuat tubuh lemas. Padahal, olahraga tetap disarankan dan bukan menjadi pantangan bagi Anda yang sedang menstruasi. Olahraga membuat Anda tetap bugar dan juga dapat meningkatkan mood selama menjalani siklus haid.

Boleh Minum Obat

Fakta. Banyak orang percaya minum obat saat haid dapat membuat darah haid berhenti atau menyebabkan kemandulan. Fakta menstruasi yang tepat adalah minum obat pereda nyeri diperbolehkan untuk mengurangi kram perut dan tidak akan menyebabkan haid berhenti, apalagi mandul.

 

3 dari 5 halaman

Minum Soda Melancarkan Haid

Mitos haid lainnya adalah minum soda dapat memperlancar dan mempercepat siklus haid. Namun, sayangnya belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hal tersebut benar adanya.

Karena seperti yang sudah dibahas di atas, siklus haid dipengaruhi oleh hormon dan juga faktor lain seperti stres psikologis, berat badan, pola makan, dan aktivitas yang berat.

Artikel lainnya: 7 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Haid Tidak Teratur Tanda Kemandulan

Haid yang tidak teratur bukan berarti tanda kemandulan. Mitos haid ini berkembang di kalangan masyarakat karena menganggap cerita ini benar.

Faktanya, menstruasi dipengaruhi oleh faktor hormon dan pola hidup lainnya. Meskipun begitu, dengan haid yang tidak teratur maka masa subur juga menjadi sulit ditentukan sehingga kehamilan lebih sulit terjadi.

4 dari 5 halaman

Dilarang Berhubungan Intim Selama Haid

Mitos. Berhubungan intim saat sedang haid biasanya tidak dilakukan karena alasan kenyamanan. Meski demikian, sebenarnya berhubungan intim saat haid tidak dilarang. Justru, manfaatnya dapat mengurangi nyeri akibat kram dan meningkatkan mood.

Bisa Hamil Ketika Berhubungan Saat Haid

Ini adalah fakta menstruasi lainnya yang perlu Anda tahu. Jangan anggap ketika haid Anda pasti 100 persen terbebas dari terjadinya kehamilan. Meski kemungkinannya sangat kecil, namun tetap ada, apalagi bagi Anda wanita yang siklus haidnya sering tidak teratur.

Darah Haid Adalah Darah Kotor

Mitos. Anggapan bahwa darah yang keluar saat haid adalah darah kotor hasil pembersihan segala racun dan kotoran dalam tubuh adalah tidak benar. Darah yang keluar merupakan hasil peluruhan dinding rahim dan selaput lendir.

Nah, sekarang Anda sudah tahu, kan, mitos haid dan fakta menstruasi yang sebenarnya? Jadi, jangan takut untuk tetap produktif ketika haid. Tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan Anda dengan baik.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar fakta dan mitos mengenai menstruasi, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar