Sukses

7 Hal Tentang Haid yang Ternyata Cuma Mitos

Tahukah Anda, ternyata tidak semua anggapan tentang haid itu fakta, lho! Cari tahu kebenarannya di sini.

Haid atau menstruasi seakan menyimpan sejuta misteri. Ada banyak kepercayaan lama yang diwariskan turun- temurun mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat haid.

Masalahnya, tidak semua kepercayaan tersebut dapat dibuktikan secara medis.  Sehubungan dengan itu, inilah 7 hal tentang haid yang ternyata hanya mitos:

  1. Tidak boleh minum air dingin

“Wanita haid tidak boleh minum air dingin! Jika dilanggar, darahnya bisa beku dan haid menjadi tidak lancar.” Pernah mendengarnya? Ketahuilah, itu hanya mitos belaka. Sebab, minum air dingin dan perdarahan saat haid tidak memiliki hubungan apa-apa.

  1. Ttidak boleh berenang

Berenang saat haid tidak akan membuat Anda mandul atau menyebabkan air kolam berubah menjadi darah. Sebenarnya, larangan berenang saat haid adalah karena alasan ketidaknyamanan.

Terkadang, haid juga menyebabkan beberapa wanita mengalami kram perut. Itulah sebabnya disarankan agar berenang setelah haid selesai.

  1. Wanita haid tidak boleh cuci rambut

Katanya, saat haid pori-pori kulit kepala terbuka lebar. Hal ini tidak benar! Cuci rambut saat haid tidak akan membuat Anda sakit kepala.

Justru, kebersihan saat haid akan membuat mood Anda meningkat. Keharuman dan kebersihan kulit kepala dan rambut juga akan membuat Anda lebih nyaman.

  1. Tidak boleh olahraga

Selama haid, darah yang keluar biasanya hanya 30-40 ml atau sebanyak 2-3 sendok makan. Jadi, haid tidak akan membuat Anda lemah hingga tidak bisa berolahraga.

  1. Tidak boleh minum obat

Minum obat saat haid akan menghentikan perdarahan dan membuat wanita menjadi tidak subur. Faktanya, obat pereda nyeri atau obat jenis lainnya tidak akan menghentikan haid. Obat pereda nyeri justru dapat membantu Anda lebih nyaman melewati hari pertama haid, saat nyeri tidak tertahankan.

  1. Wanita haid tidak akan hamil bila berhubungan seks

Kehamilan dapat tetap terjadi meski Anda berhubungan saat haid. Namun, kemungkinannya sangat kecil. Apalagi jika siklus haid Anda pendek dan tidak teratur.

  1. Soda memperlancar haid

Konon, minum soda saat haid dapat memperlancar dan mempercepat perdarahan yang terjadi. Terkait ini, hingga sekarang belum ada penelitian yang membuktikannya.

Kelancaran haid dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikologi seseorang. Soda hanya memberikan rasa segar untuk Anda. Namun, jangan lupa. Soda memiliki kandungan gula yang tinggi.

Banyak kepercayaan tentang haid yang tidak terbukti kebenarannya secara medis. Jadi jangan mudah percaya pada informasi tentang haid begitu saja, ya!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar