Sukses

Arti di Balik Warna dan Tekstur Ingus

Warna dan tekstur ingus ternyata dapat memberikan informasi tentang kesehatan Anda. Baca selengkapnya di sini.

Ingus atau lendi hidung. Beda warna dan tekstur, berbeda pula maknanya. Tapi memang tak banyak yang tahu bahwa perbedaan warna dan tekstur ingus bisa membantu menentukan diagnosis. Begitu juga terapi untuk penanganannya.

Berikut ini berbagai macam warna dan tekstur lendir hidung, serta maknanya bagi kesehatan:

  • Bening dan cair

Lendir hidung ini termasuk normal karena selalu diproduksi. Kebanyakan akan tertelan tanpa disadari. Fungsi lendir ini adalah untuk melembapkan saluran pernapasan, terutama hidung.

  • Putih

Jika lendir hidung berwarna putih, maka dapat menunjukkan bahwa Anda sedang flu atau alergi. Lendir normal yang biasa diproduksi oleh jaringan dalam hidung bisa mengental jika terjadi penyumbatan dalam hidung. Penyumbatan ini akan menahan lendir, sehingga lendir mulai kehilangan cairan dan berwarna keputihan.

  • Kuning dan kental

Ini adalah tanda bahwa infeksi mulai memburuk. Warna kekuningan terjadi karena adanya sel darah putih bersama dengan sel lain yang berusaha melawan agen infeksi di hidung.

  • Hijau, kental, bahkan kadang menggumpal

Lendir hidung yang hijau dan sangat kental menandakan bahwa infeksi telah semakin parah. Ketika ini terjadi,kandungan sel darah putih pun banyak berdatangan untuk melawan peradangan.

salah satu bagian dari sel darah putih, mengandung enzim yang berwarna kehijauan. Bila neutrophil ada dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan lendir menjadi kehijauan.

  • Merah muda atau merah

Jika lendir hidung Anda berwarna kemerahan, kemungkinan lendir Anda mengandung darah. Warna kemerahan berarti ada luka di jaringan dalam hidung. Penyebabnya bisa karena kering, iritasi, atau lainnya.

  • Hitam

Lendir hitam ini bisa terjadi pada perokok berat, pemakai narkoba yang penggunaannya melalui hidung, atau orang yang sering menghirup polutan/asap. Selain itu, lendir hitam juga bisa menjadi penanda adanya infeksi jamur yang sangat parah.

Menarik, bukan? Warna dan tekstur ingus bisa Anda jadikan sebagai acuan sederhana untuk menentukan kapan keluhan pilek bisa diobati di rumah, dan kapan saatnya memeriksakan diri ke dokter. Ayo, kenali tubuh Anda dan rawatlah dengan baik!

(TT/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar