Sukses

Dicukur, Kok Bulu Semakin Lebat?

Banyak orang beranggapan bahwa bulu yang dicukur akan tumbuh semakin lebat. Benarkah demikian? Baca penjelasannya di sini.

Terkadang bulu tumbuh tidak beraturan atau pada tempat yang tidak diinginkan. Salah satu cara cepat untuk menghilangkannya adalah dengan mencukurnya. Setelah dicukur, biasanya bulu yang tumbuh akan tampak lebih lebat dan kasar. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana cara terbaik untuk menghilangkan bulu?

Bulu, sebagaimana rambut, tumbuh dari folikel di dalam kulit. Folikel berisi akar bulu akan memanjang sehingga timbul di luar kulit. Bagian ujung dari bulu ini sendiri akan tampak lebih lancip jika dibandingkan batangnya.

Saat mencukur bulu, Anda memotong secara melintang pada bagian batang dari bulu. Sehingga, saat tumbuh kembali, yang muncul ke permukaan kulit adalah bagian batang dari bulu yang relatif lebih tebal daripada ujungnya yang melancip —serupa alang-alang yang dipotong.

Nah, bagian batang yang tumbuh kembali ini akan memberikan kesan bahwa bulu tumbuh dengan lebih lebat daripada sebelumnya. Hal ini sebenarnya ilusi saja, karena sebelum dicukur ujung bulu melancip.

Beberapa studi juga menemukan bahwa mencukur bulu tidak memengaruhi pertumbuhan bulu. Para peneliti ini membandingkan antara bulu yang dicukur dengan yang tidak dicukur, dan ternyata pertumbuhannya sama saja antara dua kelompok tersebut.

Cara yang dapat dilakukan agar bulu tidak tumbuh terlalu cepat atau tidak tampak lebat adalah dengan metode waxing. Karena bulu dicabut dari akarnya, saat tumbuh pun akan memiliki ujung yang lancip. Alhasil, bulu yang tumbuh tidak akan terlihat lebih lebat.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membabat bulu dengan tepat. Selamat mencoba!

[RS]

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar