Sukses

Jangan Abaikan Kanker Tulang Rahang!

Kenali kanker tulang rahang lebih jauh agar Anda bisa terhindar darinya. Percayalah, mengabaikannya akan membuat Anda sengsara.

Bila mendengar istilah ‘kanker’, yang ada di benak sebagian besar orang adalah kanker yang sering ditemukan di komunitas, seperti kanker payudara, kanker usus, dan sebagainya.

Dengan banyaknya dampak negatif yang dikaitkan dengan istilah ini, kanker dapat menjadi sangat menakutkan bagi sebagian besar orang. Anda mungkin sudah sering mendengar kisah mengenai bagaimana kanker berkembang dengan cepat dan menimbulkan gejala yang mengganggu pada.

Di antara semua kisah dan jenis kanker, ada satu jenis yang sayangnya belum terlalu sering dibahas. Kanker tulang rahang. Seperti apa jenis kanker yang satu ini?

Kanker jenis ini dapat timbul sebagai akibat dari pertumbuhan jaringan yang berlebih, baik pada rahang atas ataupun rahang bawah. Deteksi dari kanker tulang rahang bisa didapat saat melakukan foto rontgen gigi rutin. Selain itu juga bisa lewat pemeriksaan rutin gigi dan rongga mulut oleh dokter gigi.

Pada awalnya, keluhan yang sering timbul akibat kanker tulang rahang adalah nyeri pada daerah rahang, nyeri pada wajah, serta gigi yang mulai goyah. Penyebaran ke jaringan sekitar akan menimbulkan gejala seperti pembengkakan pada wajah, gusi, atau atap mulut.

Penanganan dari kanker pada kepala dan leher umumnya dimulai dari penentuan jenis dan derajat yang akurat dari kanker tersebut. Ini bisa dilakukan menggunakan alat Computerized Tomography (CT) scan atau Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Pemeriksaan ini akan menentukan apakah pembedahan masih dapat dilakukan.  Karena kanker tulang rahang memiliki banyak tipe yang berbeda, penanganan untuk masing-masing tipe tersebut pun berbeda.

Deteksi dini kanker tulang rahang merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tingkat keberhasilan operasi yang baik. Jadi, bila Anda atau kerabat ada mengalami keluhan yang serupa, segera berkonsultasi pada dokter.

(RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar