Sukses

Bahaya yang Mengintai Jika Anda Main HP Dekat Anak

Sebagai orang tua, sebaiknya Anda menghindari bermain HP saat sedang bersama anak. Ini beberapa bahaya main HP dekat anak.

Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari HP, bahkan di saat sedang bermain bersama anak? Jika ya, segeralah ubah kebiasaan ini. Pasalnya, ada beberapa bahaya main HP dekat anak yang bisa terjadi dan tidak boleh disepelekan. 

Saat mengasuh anak, usahakan Anda benar-benar meluangkan waktu khusus untuknya. Namun memang, kesibukan terkadang membuat sebagian orang tua menyambi mengasuh anak dengan bermain HP. 

Lalu, apa sajakah dampak dari sering bermain HP dekat anak? Berikut di antaranya: 

  1. Mengganggu Perkembangan Komunikasi Anak

Sebagian orang tua bermain HP saat mengasuh anak, baik karena ada urusan penting atau masalah pekerjaan atau sekadar membuka berita. Padahal, bermain HP saat mengasuh anak dapat mengganggu interaksi antara anak dan orang tua.

Salah satu cara mengasuh anak yang wajib dilakukan orang tua adalah dengan mengajak anak berkomunikasi, baik verbal maupun nonverbal. Contohnya dengan berbicara, bernyanyi, atau melakukan interaksi lainnya. Anak belajar berbicara dengan cara mendengar dan kemudian menirukan pengucapannya.

Artikel Lainnya: Jauhkan Ponsel Saat Sedang Mengasuh Anak

Jika hal ini tidak terjadi akibat orang tua lebih mementingkan HP, maka anak dapat mengalami gangguan atau keterlambatan perkembangan komunikasi nantinya. Jadi perhatikan dengan baik jam pemakaian HP Anda, ya.

  1. Gangguan Perilaku pada Anak

Jika Anda sibuk bermain HP saat mengasuh anak, anak akan merasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya. Kurangnya perhatian ini dapat menyebabkan kurangnya kedekatan antara anak dengan orang tua, serta berpotensi memicu gangguan perilaku anak. 

Inilah bahaya main HP dekat anak yang paling umum terjadi. Hubungan orang tua dan anak yang kurang baik akan menyebabkan anak mencari perhatian dari tempat lain dan membuatnya lebih nyaman dengan lingkungan lain di luar rumah. 

Jika rasa nyaman tersebut didapatkan dari tempat yang salah, misalnya dari teman-teman dengan pergaulan yang tidak baik, maka hal ini akan memicu masalah di kemudian hari. 

  1. Menyebabkan Anak Mengalami Ketergantungan dengan Gadget

Anak sangat mudah belajar sesuatu dengan cara meniru orang tuanya. Itulah mengapa penting sekali bagi orang tua untuk menirukan hal-hal positif kepada anak serta menghindari kebiasaan-kebiasaan negatif. Salah satunya adalah terlalu sering bermain HP. 

Jika sejak kecil anak sudah terbiasa bermain gadget, kelak anak akan mengalami ketergantungan terhadap gadget. Ini dia bahaya main HP dekat anak yang akan Anda rasakan, karena biasanya mereka lebih tertarik kepada gadget dibandingkan berinteraksi secara langsung dengan orang-orang di sekitarnya. 

Artikel Lainnya: Harus Berapa Jauh Meletakan Ponsel dari Tempat Tidur?

  1. Paparan Radiasi dan Gangguan Mata 

Jika nantinya anak sudah kecanduan bermain gadget, masalah kesehatan lainnya akan muncul. Misalnya, gangguan mata akibat melihat layar terlalu lama ataupun potensi masalah kesehatan lain akibat bahaya radiasi HP>

Itulah mengapa sebisa mungkin anak tidak dibiasakan bermain gadget sejak dini, dengan cara orang tua tidak mencontohkan hal tersebut kepada anak. Dengan begitu, anak tidak akan menganggap bahwa bermain gadget adalah kebiasaan, jadi mereka bisa terhindari dari bahaya radiasi HP yang mengancam. 

  1. Berbahaya untuk Keselamatan Anak

Mengapa bermain HP dekat anak bisa memicu bahaya? Hal tersebut karena orang yang bermain ponsel, pasti akan memiliki perhatian penuh terhadap layar yang sedang mereka tatap tanpa peduli lingkungan sekitar. 

Sampai saat ini banyak sekali kasus kecelakaan usia dini, yang disebabkan orang tua yang lalai menjaga anaknya karena asyik bermain ponsel. 

  1. Anak Menjadi Lebih Tertutup

Bahaya main HP dekat anak lainnya adalah mereka bisa jadi menjadi lebih tertutup dengan Anda. Mengapa? 

Hal ini disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang terjalin. Apalagi ketika mereka sedang berada dalam masa perkembangan komunikasi, di mana anak akan bertanya banyak hal kepada orang tua. 

Artikel Lainnya: Anda Kecanduan Ponsel? Cek di Sini

Jika Anda terus-menerus cuek dengan perkembangan anak tanpa mengajak mereka berbicara dan sibuk dengan gadget, Anda akan membuat anak menjadi lebih tertutup. Sehingga ketika Anak ingin bertanya ataupun mencoba berbicara kepada Anda, mereka cenderung mengurungkannya. 

  1. Perhatian Bayi Menjadi Teralihkan

Selain pada anak usia dini, bahaya gadget ternyata juga bisa dirasakan oleh bayi terutama ketika Anda sedang menyusui mereka. Bahaya main HP dekat bayi, salah satunya adalah perhatian mereka menjadi teralihkan. 

Karena melihat ibunya fokus pada sebuah benda kecil, momen indah atau bonding antara ibu dan bayi yang seharusnya terjalin menjadi terganggu. 

Selain perhatian yang teralihkan, bahaya main HP dekat bayi saat Anda sedang menyusui adalah kurangnya sentuhan fisik sehingga kedekatan di antara Anda dan si Kecil menjadi berkurang. 

Jika tujuan Anda melihat HP untuk membuka media sosial atau berita, lakukanlah hal tersebut nanti setelah anak tertidur atau melakukan kegiatan bersama orang lain sehingga proses interaksi Anda dan si Kecil tidak terganggu. 

Itulah bahaya main HP dekat anak yang bisa terjadi. Ingatlah bahwa selagi mengasuh anak, usahakan Anda benar-benar fokus dengan anak agar tumbuh kembang mereka optimal. Jika masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat, ya!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar