Sukses

Bahaya yang Mengintai Jika Anda Bermain Ponsel Saat Bersama Anak

Keterikatan orangtua dengan anak selama masa tumbuh kembang sangat penting dan krusial. Lalu, apa jadinya jika orangtua terlalu sibuk dengan ponsel?

Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari ponsel, bahkan di saat sedang bermain bersama anak? Jika ya, segera ubah kebiasaan ini. Pasalnya, ponsel banyak memberikan dampak negatif jika sering berada di jangkauan anak.

Pertama, potensi paparan radiasinya. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa paparan radiasi ponsel lebih tinggi pada anak-anak daripada dewasa.

Hal ini disebabkan karena ukuran otak dan kepala anak-anak yang kecil daripada orang dewasa. Padahal jumlah paparan radiasiyang diterima anak-anak sama dengan orang dewasa.  

Risiko terkena kanker juga lebih besar. Diketahui bahwa anak-anak yang lebih dini terpapar ponsel memiliki risiko tinggi untuk terkena tumor jinak otak. Ini dikarenakan otak anak-anak masih memiliki jaringan dan tulang yang lebih tipis dibandingkan dewasa.

Tak hanya sampai di situ. Penelitian mengungkapkan bahwa anak akan memiliki short attention span (gangguan pemusatan perhatian) jika orangtua terlalu terdistraksi. Semakin lama orangtua menaruh perhatian pada objek bermain anak, semakin lama juga anak akan menaruh perhatiannya, bahkan setelah orangtua berhenti. 

Jika Anda lebih terfokus pada ponsel, anak juga akan merasa kurang diperhatikan. Tentu Anda tidak mau kan jika anak merasa diabaikan? Berikan perhatian Anda semaksimal mungkin, meskipun sedang sibuk dengan pekerjaan atau hal-hal lainnya. Waktu Anda akan sangat berharga bagi anak.

Ingat, anak akan tumbuh dengan cepat, jadi jangan lewatkan kesempatan itu. Jauhkan ponsel saat Anda bersama anak, agar ia merasa lebih diperhatikan dan tumbuh kembangnya optimal.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar