Sukses

Kenali Binge Eating Disorder: Gangguan yang Membuat Anda Makan Tanpa Henti

Anda sering mengemil tanpa kendali? Jangan-jangan Anda mengalami binge eating disorder. Apa itu?

Hampir setiap orang tentu pernah sesekali mengonsumsi makanan lebih dari porsi yang seharusnya. Apalagi saat berlibur atau sedang berkunjung ke restoran all-you-can-eat.

Namun, konsumsi makanan yang berlebihan pada beberapa orang terkadang terjadi berkali-kali. Sebagian besar disertai dengan kehilangan kendali dari apa yang dikonsumsi. Hal inilah yang disebut sebagai binge eating disorder.

Jadi bisa dibilang binge eating disorder merupakan suatu gangguan pola makan. Gangguan ini ditandai dengan adanya konsumsi makanan dalam jumlah berlebih tanpa kendali yang terjadi berulang kali.

Selain itu, orang yang mengalami gangguan ini sering kali mengonsumsi makanan meski tidak merasa lapar. Bila berurusan dengan gangguan ini, Anda juga kerap makan dengan cepat, makan hingga merasa kekenyangan yang tidak nyaman, makan secara sembunyi-sembunyi.

Hal lain yang juga akan Anda hadapi adalah rasa bersalah dan sedih mengenai pola makan mereka. Derajat keparahan dari kondisi ini dinilai dari seberapa sering terjadi episode mengonsumsi makanan tanpa kendali.

Terkadang, binge eating disorder tidak terdiagnosis secara klinis. Hal ini bisa jadi disebabkan karena sebagian penderitanya tidak merasa bahwa hal tersebut dapat diatasi secara medis.

Akan tetapi, sebetulnya gangguan pola makan ini dapat ditangani dengan berbagai cara. Misalnya lewat psikoterapi dengan pakar serta beberapa pengobatan bila dibutuhkan.

Tujuan utama dari penanganan binge eating disorder adalah mengurangi episode makan berlebihan tanpa kendali. Bahkan bila dinilai perlu secara klinis, Anda juga disarankan untuk menurunkan berat badan.

Binge eating disorder juga sering sekali dikaitkan dengan rasa percaya diri yang rendah, rasa malu, serta depresi. Karena itu, penanganan gangguan ini juga ditujukan untuk mengatasi faktor-faktor psikologis tersebut.

Secara umum, binge eating disorder dapat diatasi apabila tertangani dengan baik. Memastikan penanganan yang tepat dapat membantu Anda terhindar dari kondisi kesehatan lain, termasuk obesitas dan berbagai komplikasi  terkait.

(RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar