Sukses

Menu Sarapan Rendah Kolesterol yang Enak dan Mudah

Sarapan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, menu yang tepat diperlukan agar maksimal manfaatnya. Ini menu sarapan rendah kolesterol yang bisa Anda coba.

Sarapan memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mencegah sekaligus mengendalikan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Kolesterol tinggi masih menjadi momok yang ditakuti banyak orang. Pasalnya, kondisi ini sering hadir tanpa disadari. Diam-diam, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, mari kita rutinkan kebiasaan sarapan di pagi hari dengan memilih menu sarapan yang rendah kolesterol. Sehingga terhindar dari makanan-makanan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi.

1 dari 2 halaman

Menu Sarapan yang Enak dan Mudah

Bagi Anda yang ingin mencoba menu sarapan sehat yang enak dan mudah untuk dibuat, ini beberapa pilihan untuk Anda:

1. Overnight Oat

Overnight oat dapat menjadi pilihan makanan rendah kolesterol yang dapat Anda buat. Serat yang terdapat dalam oat bermanfaat sebagai sumber energi untuk aktivitas Anda dan berguna untuk menurunkan kolesterol.

Bahan-bahan yang dipilih memiliki manfaat bagi kesehatan. Susu atau yoghurt mengandung kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan merupakan probiotik yang baik untuk usus. Pisang mengandung karbohidrat, protein, dan mineral yang berguna untuk regenerasi sel-sel di dalam tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Alasan Mengapa Sarapan Tidak Boleh Dilewatkan

Berikut ini bahan dan cara membuat sarapan sehat overnight oat:

Bahan:

  • 4 sendok makan oat
  • 100 ml susu atau yoghurt plain
  • 1 sendok makan madu
  • 1 buah pisang ukuran sedang, dipotong tipis

Cara membuat:

Sebelum tidur di malam hari, campurkan semua bahan tersebut di dalam satu gelas atau mangkok, tutup rapat dan masukkan ke dalam lemari pendingin.

Saat sarapan, Anda tinggal mengambil makanan tersebut dari lemari pendingin dan dapat langsung dikonsumsi. Rasanya sangat segar dan enak. Anda dapat mencampur atau mengganti buah pisang dengan buah lainnya sesuai keinginan Anda.

2. Smoothies Mangga Jeruk

Sarapan rendah kolesterol selanjutnya adalah smoothies mangga jeruk. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Susu kedelai mengandung protein yang bermanfaat sebagai sumber energi dan menyebabkan Anda lebih ‘tahan lapar’. Selain itu, inhibitor tripsin yang terdapat dalam susu kedelai berguna untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, mangga dan jeruk juga mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol, serta tinggi vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan.

Berikut ini bahan dan cara membuat sarapan sehat smoothies mangga jeruk:

Bahan:

  • 100 cc susu kedelai
  • 1 buah mangga harum manis
  • 1 buah jeruk

Artikel Lainnya: Cukupkah Sarapan Hanya dengan Buah?

Cara membuat:

Masukkan susu kedelai, mangga, dan jeruk ke dalam blender. Tambahkan es sesuai keinginan Anda. Setelah itu, blender selama 3 menit. Smoothies mangga jeruk pun siap dihidangkan, sebagai menu sarapan sehat yang rendah kolesterol.

Anda dapat mengganti mangga dan jeruk dengan buah lain seperti pisang, apel, kiwi, stroberi, dan lainnya. Bila tidak ada blender, buah dapat dipotong-potong saja.

3. Sandwich Telur

Sandwich telur dapat menjadi pilihan sarapan rendah kolesterol untuk Anda. Ada berbagai manfaat yang dapat Anda peroleh apabila mengonsumsi menu sarapan ini.

Roti gandum mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi, serta mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol.

Putih telur mengandung protein yang tinggi. Sementara kuning telur mengandung omega-3 yang bermanfaat bagi sel otak dan jantung, serta mengandung lemak. Meski mengandung lemak, mengonsumsi satu kuning telur sehari pada orang yang sehat tidak menyebabkan kolesterol tinggi.

Selain itu, selada dan tomat tinggi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Selada juga mengandung asam folat yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Terakhir, tomat mengandung kalium yang baik untuk otot dan tulang.

Berikut bahan dan cara membuat menu sarapan sehat sandwich telur:

Bahan:

  • 2 lembar roti gandum
  • 1 butir telur rebus
  • 2 lembar selada
  • 1 buah tomat, iris tipis

Artikel Lainnya: Seberapa Efektif Sarapan Membantu Menurunkan Berat Badan?

Cara membuat:

Letakkan telur, selada, dan tomat di antara dua lembar roti gandum. Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan saus tomat atau sambal. Sebaiknya hindari penggunaan mayones karena mengandung lemak yang tinggi.

4. Salad Buah dan Sayur

Salad dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin sarapan dengan makanan rendah kolesterol. Gunakan olive oil sebagai dressing sebagai sumber lemak tak jenuh yang sehat.

Berikut ini bahan dan cara pembuatan salad buah dan sayur:

Bahan:

  • 1 buah jagung
  • 1 butir telur rebus
  • 4 lembar selada
  • 1 buah tomat, iris tipis
  • Potongan buah semangka dan melon
  • Dressing salad

Cara membuat:

Campurkan jagung, irisan telur rebus, selada, irisan tomat serta potongan buah ke dalam mangkuk. Tuang dressing salad favorit Anda seperti olive oil di atasnya dan aduk hingga merata.

5. Susu dan Sereal

Terakhir, Anda dapat mencoba susu dan sereal sebagai menu sarapan rendah kolesterol. Sereal merupakan sumber kalsium dan mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti serat, protein dan karbohidrat. Selain itu, banyak manfaat yang terdapat dalam bahan-bahan untuk membuatnya.

Serat yang terdapat dalam chia seeds bermanfaat sebagai sumber energi dan berguna untuk menurunkan kolesterol. Madu juga memiliki sifat antioksidan sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Bahan:

  • 2 gelas susu cair
  • 3 sendok makan sereal
  • 1 sendok makan chia seeds
  • 1 sendok madu

Cara membuat:

Tuang sereal dan madu ke dalam mangkuk. Lalu tuangkan susu cair dan taburi dengan chia seeds di atasnya.

Begitu banyak kreasi menu yang dapat menjadi pilihan sarapan rendah kolesterol. Menu sarapan sehat tidak harus sulit dibuat dan memakan waktu yang lama.

Selain membuat waktu lebih efisien, Anda juga dapat memperoleh manfaat sarapan yang lebih optimal. Selamat mencoba!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar