Sukses

Menu Sarapan Rendah Kolesterol Yang Enak dan Mudah

Terburu-buru di pagi hari sering menyebabkan seseorang tidak sarapan. Kini Anda tidak perlu melewatkan sarapan karena banyak menu sarapan yang enak, mudah dibuat, dan memiliki kolesterol yang rendah.

Sarapan di pagi hari memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berbagai studi membuktikan bahwa kebiasaan sarapan mampu mengontrol berat badan, mencegah diabetes dan kolesterol tinggi, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.  Sayangnya, sekalipun mengetahui manfaat baik sarapan, banyak orang tidak sarapan karena tidak sempat menyiapkannya di pagi hari. Kali ini redaksi klikdokter.com akan menyajikan beberapa menu sarapan yang enak, mudah dibuat, dan rendah kolesterol sebagai alternatif sarapan Anda.

1. Overnight oat (waktu membuat: 5 menit)

Bahan:

4 sendok makan oat

100 ml susu atau yogurt plain

1 sendok makan madu

1 buah pisang ukuran sedang, dipotong tipis

Cara membuat:

Sebelum tidur di malam hari, campurkan semua bahan tersebut di dalam satu gelas atau mangkok, tutup rapat dan masukkan ke dalam lemari pendingin. Saat sarapan, Anda tinggal mengambil makanan tersebut dari lemari pendingin dan dapat langsung dikonsumsi. Rasanya sangat segar dan enak. Buah pisang dapat dicampur atau diganti dengan buah lainnya sesuai keinginan Anda.

Nutrisi dan manfaat:

Serat yang terdapat dalam oat bermanfaat sebagai sumber energi untuk aktivitas Anda dan berguna untuk menurunkan kolesterol. Susu atau yogurt mengandung kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Yogurt juga merupakan probiotik yang baik untuk usus. Pisang mengandung karbohidrat, protein, dan mineral yang bermanfaat untuk regenerasi sel-sel di dalam tubuh Anda.

1 dari 3 halaman

Menu Sarapan Rendah Kolesterol Yang Enak dan Mudah

2. Smoothies mangga jeruk (waktu membuat: 3 menit)

sarapan

http://mayakitchenette.com/wp-content/uploads/2015/02/vegan-mango-and-orange-smoothie-1-2.jpg?x93888

Bahan:

100 cc susu kedelai

1 buah mangga harum manis

1 buah jeruk 

Cara membuat:

Masukkan susu kedelai, mangga, dan jeruk ke dalam blender. Tambahkan es sesuai keinginan Anda. Blender selama 3 menit. Mangga dan jeruk dapat diganti dengan buah lain seperti pisang, apel, kiwi, stroberi, dan lainnya. Bila tidak ada blender, buah dapat dipotong-potong saja.

Nutrisi dan manfaat:

Susu kedelai mengandung protein yang bermanfaat sebagai sumber energi dan menyebabkan Anda lebih ‘tahan lapar’. Selain itu, inhibitor tripsin yang terdapat dalam susu kedelai berguna untuk menurunkan kolesterol. Mangga dan jeruk juga mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol, serta tinggi vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan.

2 dari 3 halaman

Menu Sarapan Rendah Kolesterol Yang Enak dan Mudah

3. Sandwich telur (waktu membuat: 5 menit)

sarapan

http://www.sweetphi.com/wp-content/uploads/2015/04/Classic-egg-salad-sandwich-with-bacon-3-1024x730.jpg

Bahan:

2 lembar roti gandum

1 butir telur rebus

2  lembar selada

1 buah tomat, iris tipis

Cara membuat:

Letakkan telur, selada, dan tomat di antara dua lembar roti gandum. Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan saus tomat atau sambal. Sebaiknya hindari penggunaan mayonnaise karena mengandung lemak yang tinggi.

Nutrisi dan manfaat:

Roti gandum mengandung karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, serta mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol. Putih telur mengandung protein yang tinggi. Kuning telur mengandung omega tiga yang bermanfaat bagi sel otak dan jantung, serta mengandung lemak. Meski mengandung lemak, mengkonsumsi satu kuning telur sehari pada orang yang sehat tidak menyebabkan kolesterol tinggi. Selada dan tomat tinggi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Selada juga mengandung asam folat yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Tomat mengandung kalium yang bermanfaat untuk otot dan tulang.

Nah, menu sarapan rendah kolesterol di atas menarik dan mudah dibuat, bukan? Yuk praktikkan untuk menu sarapan sehat Anda.

(MFW)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar