Sukses

Mengenal Hipokondriasis, Penyakit yang Terjadi Akibat Kecemasan

Sering merasa sangat cemas lantaran mengalami gejala penyakit yang sebenarnya tidak begitu parah? Awas, bisa saja Anda malah mengalami hipokondriasis!

Pernahkah Anda mendengar istilah hipokondriasis? Kondisi yang juga disebut sebagai health anxiety ini terjadi akibat adanya perasaan cemas berlebih saat mengalami suatu gejala penyakit yang sebenarnya tidak begitu parah.

Seseorang yang mengalami health anxiety cenderung sering melakukan pemeriksaan kesehatan, dan membesar-besarkan gejala penyakit apapun yang dialaminya. Apakah Anda merasa pernah seperti ini? Jika ya, waspada!

1 dari 3 halaman

Mengenal Hipokondriasis atau Health Anxiety Lebih Dekat

Hipokondriasis atau health anxiety sebenarnya adalah sebuah bentuk gangguan cemas. Di mana terdapat rasa khawatir berlebih yang persisten bahwa dirinya akan mengalami penyakit yang serius.

Kecemasan yang berlebihan pada orang-orang tersebut ternyata dapat memicu peningkatan hormon kortisol di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa kortisol adalah hormon yang memengaruhi tingkat stres seseorang.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa meningkatnya hormon kortisol dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Lama-kelamaan, kondisi tersebut juga bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan, dari yang ringan hingga yang paling parah.

Dalam penelitian lain juga dijelaskan rasa cemas diasosiasikan dengan meningkatnya risiko penebalan dinding pembuluh dan produksi hormon stres oleh tubuh. Hal ini kemudian akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah alasan mengapa perasaan terlalu cemas yang terjadi sebagai kekhawatiran terhadap suatu penyakit malah akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit itu sendiri. Semakin lama dan parah rasa cemas yang terjadi, semakin besar pula peningkatan risiko yang akan dialami.

Artikel Lainnya: Banyak Makan Karena Cemas? Ini Solusinya

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kecemasan Akibat Gejala Penyakit

Mengatasi gangguan cemas bukanlah sebuah hal yang mudah. Apalagi bila kecemasan tersebut didasari oleh ketakutan terhadap adanya suatu penyakit yang terjadi pada diri sendiri.

Meski demikian, Anda tetap bisa berupaya agar rasa cemas yang dialami tidak sampai mengendalikan tubuh dan pikiran. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah sebagai berikut ini.

  • Pilih Dokter yang Membuat Anda Merasa Nyaman 

Pilih dokter yang membuat Anda dapat berkomunikasi baik dengannya, sehingga wawancara medis pun bisa berjalan optimal. Dengan demikian, dokter juga dapat memberikan diagnosis dan terapi yang paling tepat, sehingga Anda merasa benar-benar nyaman karenanya.

  • Mengubah Cara Berpikir

Jika khawatir akan jatuh sakit, fokuskan diri Anda untuk mencegah dan membuat tubuh lebih bugar. Olahraga adalah salah satu pilihan yang baik untuk mengalihkan perhatian dari kecemasan, yang sekaligus dapat menyehatkan tubuh.

Artikel Lainnya: Sering Cemas di Pagi Hari? Ini Solusinya

  • Jalani Gaya Hidup Sehat

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Artinya, dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda pun bisa menyingkirkan kecemasan terhadap suatu penyakit. Terapkan pula pola makan seimbang, dan berolahragalah selama 20-30 menit sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

  • Terlibat dalam Komunitas yang Positif

Lingkungan pergaulan sangatlah memengaruhi kesehatan mental Anda. Maka itu, carilah komunitas yang positif dan kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memberikan dukungan serta hal-hal positif terhadap kehidupan Anda. 

Jangan biarkan kecemasan mengambil alih tubuh dan pikiran Anda. Kendalikan, dan atasi dengan segera. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami hipokondriasis atau health anxiety yang justru akan menjerumuskan ke kondisi yang lebih parah lagi.

Jika Anda punya pertanyaan mengenai hipokondriasis atau ingin tahu lebih lanjut mengenai sakit karena stres, tak perlu sungkan untuk chatting langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

2 Komentar

  • Tulisan artikel ini sangat bagus dan membantu sekali buat saya sebagai orang yang awam masalah kesehatan. Terima kasih atas informasinya mudah mudahan masyarakat bisa memanfaatkan informasi ini sehingga bisa menjaga kesehatan.

  • Ragil Jaya

    saya sedang mengalami dua bulan ini😢