Sukses

Health Anxiety: Saat Mencemaskan Kesehatan Justru Membuat Sakit

Pernahkah Anda merasa tidak puas saat melihat hasil medical check-up Anda negatif? Jangan-jangan Anda menderita health anxiety.

Mayoritas orang mengharapkan hasil yang baik saat melakukan medical check-up. Namun tidak demikian halnya pada sebagian kecil populasi yang mengalami health anxiety.

Bagi orang yang menderita health anxiety, berbagai pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tidak bisa memberikan keyakinan akan kesehatan. Mengapa begitu?

Health anxiety sebenarnya adalah sebuah bentuk gangguan cemas pada seseorang, dimana terdapat rasa kekhawatiran yang persisten akan mengalami penyakit yang serius. Orang dengan health anxiety biasanya sering memeriksakan kesehatannya dan membesar-besarkan gejala penyakit apapun yang dialaminya.

Dalam berbagai penelitian, rasa cemas diasosiasikan dengan meningkatnya resiko penebalan dinding pembuluh dan dihasilkannya hormon stres oleh tubuh. Hal ini kemudian akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Inilah fakta dimana terlalu cemas akan sakit, justru akan membuat seseorang benar-benar jatuh sakit.

Mengatasi gangguan cemas, terutama kecemasan akan kesehatan sendiri tentunya tidak mudah. Saat Anda merasakan keluhan dan mencurigainya sebagai gejala penyakit tertentu, hindari menilai diri sendiri dan periksakan diri ke dokter jika mengganggu aktivitas.

Pilihlah dokter yang membuat Anda merasa nyaman. Artinya Anda dapat berkomunikasi dengan baik dengannya, sehingga wawancara medis pun berjalan dengan baik. Dengan demikian dokter dapat mendiagnosis Anda dengan benar dan memberikan terapi yang sesuai.

Jika Anda khawatir akan jatuh sakit, fokuskan diri Anda untuk mencegah terjadinya sakit dan membuat tubuh Anda lebih bugar. Olahraga adalah salah satu pilihan yang baik untuk mengalihkan perhatian dari kecemasan sekaligus menyehatkan tubuh Anda sehingga sistem imun Anda pun akan bekerja dengan lebih maksimal.

Seperti kata pepatah, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda bisa menyingkirkan kecemasan akan jatuh sakit. Atur pola makan seimbang, dan olahragalah selama 20-30 menit minimal 2-3x seminggu. Salam sehat.

(RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar