Sukses

Kiat Hilangkan Komedo yang Mengganggu

Komedo yang mengganggu tentu ingin Anda singkirkan secepatnya. Bila masih bingung caranya, kiat-kiat berikut bisa Anda coba.

Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang terjadi ketika sel kulit mati dan minyak kulit wajah menghambat pori-pori wajah. Ada dua jenis komedo, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Sama-sama terjadi akibat tersumbatnya pori-pori, perbedaan keduanya terletak pada tertutup dan tidaknya bagian permukaannya. Whitehead permukaannya tertutup kulit sehingga berwarna putih, sedangkan blackhead permukaannya tidak tertutup sehingga teroksidasi dan berwarna hitam.

Masalah komedo di wajah—terutama area hidung—tentu dapat mengganggu. Wajah Anda akan tampak kusam dan gelap sehingga dapat menurunkan rasa pede, apalagi ketika Anda akan tampil di depan publik.

Kini Anda tak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo yang dapat Anda lakukan:

1 dari 6 halaman

1. Rutin Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan komedo yang paling utama tentu saja dengan rutin membersihkan wajah. Anda dianjurkan untuk rutin  mencuci muka di pagi dan malam hari.

Selain waktu yang dianjurkan di atas, Anda pun perlu membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan pengeluaran keringat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terperangkapnya keringat pada pori-pori wajah Anda. 

Namun ingat, jangan membersihkan wajah terlalu berlebihan, ya. Sebab, hal itu dapat merangsang pembentukan minyak wajah lebih banyak.

Artikel Lainnya: 10 Cara Mencegah Komedo yang Ganggu Penampilan Anda

2. Pilih Sabun Wajah dengan Kandungan Asam Salisilat

Masih terkait dengan cara menghilangkan komedo yang pertama, Anda disarankan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat.

Asam salisilat adalah zat yang diketahui dapat membantu mengatasi komedo karena dapat menghancurkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori Anda.

Selain itu, rutin membersihkan kulit wajah dengan pembersih yang mengandung asam salisilat juga dapat membantu membersihkan kulit wajah Anda dari kotoran, minyak, dan sisa make up yang masih menempel di wajah.

Nah, cara menghilangkan komedo menggunakan sabun wajah mengandung asam salisilat ini cukup dilakukan sekali dalam sehari.

2 dari 6 halaman

3. Lakukan Ekstraksi Komedo

Anda mungkin sering mendengar bahwa mengangkat komedo secara langsung dapat memperburuk kondisi wajah Anda. Pernyataan itu benar adanya.

Faktanya, ketika telah terjadi peradangan pada jerawat atau komedo di wajah ataupun di area sekitar hidung, tindakan ini dapat memperparah kondisi.

Namun, Anda dapat secara rutin mengangkat komedo dengan bantuan tenaga ahli untuk hasil yang lebih baik. 

Artikel Lainnya: Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Pasta Gigi, Apakah Efektif?

4. Gunakan Losion Retinoid

Losion retinoid adalah losion yang terbuat dari vitamin A. Fungsinya adalah untuk membersihkan sumbatan pada pori-pori di kulit wajah. Selain itu, losion ini juga dapat merangsang pembentukan sel kulit yang baru.

Oleh karena itu, penggunaan losion retinoid adalah salah satu cara membersihkan komedo. Anda dapat menggunakan losion ini di malam hari karena ia sangat sensitif terhadap sinar matahari.

3 dari 6 halaman

5. Gunakan Sikat Pembersih Pori Kulit

Cara menghilangkan komedo berikutnya adalah menyikat pori kulit menggunakan sikat pembersih khusus. Langkah ini dapat membantu membersihkan kotoran penyebab komedo sekaligus memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.

Namun, pastikan untuk selalu menghidrasi kulit Anda kembali setelah menggunakan sikat ini. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit Anda.

6. Gunakan Masker Wajah Secara Teratur

Cara menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan rutin menggunakan masker. Anda dapat memilih clay mask dan charcoal mask untuk membersihkan pori-pori wajah.

Clay mask adalah masker yang terbuat dari tanah. Masker ini telah terbukti dapat mengangkat minyak pada wajah Anda. Oleh sebab itu, penggunaan masker lumpur dapat Anda upayakan sebagai cara untuk menghilangkan komedo.

Selain itu, masker ini memiliki struktur yang lebih lembut daripada pori Anda sehingga dapat mengangkat lapisan kulit mati di wajah.

Meski demikian, sebagian orang mungkin memiliki alergi terhadap produk-produk clay mask. Oleh sebab itu, perhatikan kandungan produk clay mask yang akan Anda gunakan

Sementara, charcoal mask terbuat dari arang yang dapat membantu membersihkan kulit wajah Anda. Seperti clay mask, charcoal mask bekerja dari dalam kulit untuk menarik keluar minyak dan berbagai kotoran pada pori wajah Anda. 

Artikel Lainnya: Efektifkah Menggunakan Pore Pack untuk Usir Komedo?

4 dari 6 halaman

7. Terapi Chemical Peeling

Chemical peeling biasanya digunakan sebagai terapi anti penuaan karena dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, terapi ini juga baik dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan komedo.

Chemical peeling merupakan sebuah terapi pengangkatan kulit mati hingga lapisan terdalam dan pengecilan pori-pori wajah. Kulit Anda pun akan tampak lebih cerah.

8. Gunakan Produk-Produk Non-Komedogenik

Cara membersihkan komedo dari wajah Anda tentu dengan memperhatikan produk yang Anda gunakan secara saksama.

Meskipun Anda telah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan komedo, seperti menggunakan pembersih, masker, ataupun pengangkatan kulit, semuanya akan sia-sia apabila produk wajah yang Anda gunakan tidak bersifat non-komedogenik. 

Non-komedogenik berarti bahwa produk-produk tersebut tidak menyebabkan pembentukan komedo atau penyumbatan pori-pori wajah. Ingatlah, tidak semua produk non-komedogenik, jadi Anda harus membaca label tiap produk yang ingin Anda beli.

5 dari 6 halaman

9. Jangan Tidur dengan Make Up

Sebelum beristirahat, bersihkanlah wajah Anda dari sisa make up yang masih menempel. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat meningkatkan produksi komedo yang membuatnya semakin sulit untuk dibersihkan.

Itulah berbagai cara menghilangkan komedo di hidung dan area lain di wajah yang dapat Anda lakukan. 

Bila komedo tidak kunjung menghilang atau semakin mengganggu kondisi wajah, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk penanganan yang tepat. Selamat mencoba!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar