Sukses

Atasi Hidung Mampet dengan Minyak Esensial

Bosan minum obat dan menggunakan obat tetes hidung saat hidung mampet? Coba gunakan minyak esensial berikut untuk redakan hidung tersumbat.

Mengalami hidung mampet atau tersumbat sangatlah tak nyaman, karena membuat Anda sulit beraktivitas dan tidur dengan nyenyak.

Pada akhirnya, kondisi ini akan berdampak pada aktivitas sehari-hari, seperti mengantuk keesokan harinya, kelelahan, penurunan konsentrasi, bahkan menyebabkan depresi.

Selain menggunakan obat dan membersihkan hidung secara rutin, keluhan hidung mampet dapat diatasi dengan penggunaan minyak esensial atau essential oil. 

Minyak esensial dikenal sebagai terapi alami yang sedari dulu digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Salah satunya untuk meredakan hidung mampet.

Berikut ini beberapa minyak esensial untuk mengatasi hidung mampet yang bisa Anda gunakan:

1. Eucalyptus

Minyak eucalyptus berasal dari tanaman eucalyptus. Minyak esensial ini berperan sebagai terapi alternatif untuk atasi keluhan sinusitis dan hidung mampet. 

Beberapa produk yang dijual bebas, misalnya chest rub, menambahkan minyak eucalyptus sebagai kandungannya. 

Cara mengatasi hidung mampet dengan minyak esensial eucalyptus, yakni dengan menghirup secara langsung minyak tersebut atau mencampurkannya dengan air panas, lalu hirup uapnya.

Artikel Lainnya: Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

1 dari 4 halaman

2. Peppermint

Aroma mentol dari minyak esensial peppermint juga bermanfaat untuk meredakan hidung mampet, bahkan mengatasi peradangan akibat alergi

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan, penggunaan minyak peppermint bisa membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri. 

Anda bisa menghirup uap hangat dari mangkok yang berisikan air panas dan beberapa tetes minyak peppermint. Atau, Anda dapat mencampurkan minyak peppermint dan air ke dalam diffuser. 

3. Tea Tree

Tea tree termasuk minyak esensial yang tepat untuk hidung mampet. Minyak esensial ini sering ditemukan dalam produk-produk kecantikan atau obat alami jerawat.

Rupanya, tak hanya baik untuk kesehatan kulit, minyak esensial tea tree juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi akibat infeksi atau sinusitis, sehingga keluhan hidung tersumbat pun berkurang.

4. Frankincense

Minyak esensial frankincense yang sedap wanginya ini mengandung komponen yang dapat melawan peradangan, alergi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Oleh karena itu, minyak esensial ini bisa menjadi alternatif di kala hidung Anda sedang mampet.

5. Sandalwood

Minyak esensial yang kerap dijadikan sebagai aroma parfum ini mengandung zat yang dapat mengatasi radang, menurunkan hipersensitivitas akibat alergi, serta menimbulkan efek relaksasi.

Artikel Lainnya: Kenapa Hidung Berair Saat Menangis? Ini Penjelasan Medisnya

2 dari 4 halaman

6. Rosemary

Rosemary bisa menjadi pilihan minyak esensial untuk hidung mampet. Pasalnya, rosemary mengandung anti peradangan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan sinus, penyebab hidung tersumbat.

Rosemary juga bermanfaat untuk membersihkan udara. Anda bisa menjadikannya sebagai campuran pada diffuser, sehingga udara yang dihirup pun lebih bersih dan segar.

7. Lavender

Salah satu minyak esensial yang populer adalah lavender. Ya, minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan. Tak salah, jika minyak esensial ini sering digunakan untuk mengatasi kelelahan, sakit kepala, hingga masalah sulit tidur.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan minyak esensial ini untuk meredakan hidung mampet.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak esensial lavender memiliki efek antinyeri dan mengurangi peradangan. Karena efek inilah, minyak lavender bisa membantu atasi hidung mampet.

Meski demikian, penelitian tersebut masih terbatas pada studi hewan sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

8. Lemon

Selain memiliki aroma yang menyegarkan, lemon menjadi salah satu minyak esensial yang baik untuk mengatasi hidung mampet. Minyak esensial ini mampu membantu membersihkan saluran hidung, sehingga Anda dapat bernapas lebih lega.

Selain itu, minyak esensial lemon mengandung antioksidan, antiperadangan, dan antivirus yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Artikel Lainnya: Hidung Berair, Akibat Sinusitis atau Alergi?

3 dari 4 halaman

9. Cinnamon

Cinnamon atau kayu manis sering digunakan sebagai penyedap masakan. Di balik itu, minyak esensial cinnamon dikenal memiliki kandungan eugenol yang berguna sebagai antioksidan dan antimikroba.

Minyak esensial ini dapat membersihkan udara sehingga membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat 

10. Oregano

Hidung tersumbat akibat infeksi dapat Anda atasi dengan menggunakan minyak esensial oregano

Oregano mengandung carvacrol, yaitu komponen yang berperan sebagai antimikroba. Dengan begitu, keluhan Anda pun dapat berkurang.

11. Thyme

Sama seperti oregano, thyme juga memiliki kandungan carvacrol yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi keluhan akibat infeksi di saluran pernapasan

12. Cengkeh

Meski memiliki aroma yang kuat, cengkeh termasuk ke dalam minyak esensial untuk mengurangi hidung mampet. Ini berkat kandungan antimikroba di dalamnya.

Minyak esensial cengkeh juga dapat dijadikan aromaterapi untuk hidung tersumbat melalui diffuser. Pasalnya, minyak esensial ini mampu membersihkan udara sehingga mengurangi kambuhnya alergi maupun terjadinya flu.

Penggunaan minyak esensial untuk mengatasi hidung mampet bisa menjadi alternatif. Namun, jika keluhan tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar segera ditangani. 

Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi kepada dokter seputar masalah hidung tersumbat yang Anda alami.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar