Diet dan Nutrisi

9 Fakta Kesehatan di Balik Pizza

dr. Dyah Novita Anggraini, 06 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Temukan fakta menarik tentang pizza di sini.

9 Fakta Kesehatan di Balik Pizza

Tahukah kamu bahwa pizza memiliki banyak fakta menarik? Ya, di dalam sepotong pizza terdapat hal-hal positif dan negativf yang menarik untuk kamu simak. 

Fakta #1 Sumber protein

Dalam sepotong pizza keju memiliki kandungan protein sebanyak 15 gram. Tubuh kamu memerlukan protein untuk berbagai hal. Misalnya untuk pembentukan sel-sel tubuh dan memberikan asupan energi di dalam tubuh.

Fakta # 2 Serat yang bermanfaat

Percaya atau tidak, faktanya pizza memiliki kandungan serat yang bisa membantu melancarkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Dalam sepotong pizza terdapat kandungan serat sebanyak 3,2 gram.

Fakta #3 Kaya vitamin

Siapa bilang kamu tak bisa mendapatkan vitamin dari pizza? Di dalam pizza terdapat kandungan vitamin C dan vitamin A –terutama pizza jenis sayuran.

Fakta #4 Tinggi kadar kalori

Dalam sepotong pizza pepperoni dan keju mengandung 250 kalori –lebih tinggi jika dibandingkan pizza sayuran, yaitu sebanyak 200 kalori. Kamu penggemar pizza? Kini saatnya beralih ke pizza dengan topping sayuran segar.

Fakta #5 Tinggi kandungan garam

Sebagian besar pizza tinggi kadar garamnya, yaitu 500-700 mg per potongnya. Padahal seharusnya konsumsi garam harian manusia adalah

Fakta #6 Cegah kanker

Saus yang melapisi dasar pizza terbuat dari tomat yang memiliki kandungan lycopene, yaitu senyawa antioksidan yang dapat mencegah kanker. Selain itu terdapat kandungan vitamin B6 dan mangan yang juga dapat mencegah kanker.

Fakta #7 Mencegah penyakit jantung

Sebagian bahan pembuatan pizza menggunakan minyak zaitun. Minyak ini dapat membantu tubuh untuk mengurangi kandungan lemak jahat yang berperan dalam terjadinya penyakit jantung. Jadi pilihlah pizza yang terbuat dari bahan-bahan alami dan baik seperti minyak zaitun.

Fakta #8 Meningkatkan daya tahan

Di dalam pizza terdapat taburan bawang putih yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin yang satu ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Fakta #9 Cegah osteoporosis

Sebagian besar pizza ditaburi oleh keju. Produk olahan susu ini diketahui memiliki kandungan kalsium yang dapat mencegah tubuh dari osteoporosis.

Pada dasarnya pizza memiliki beberapa nutrisi baik yang penting bagi tubuh. Tapi ingat, jangan mengonsumsinya dengan berlebihan. Jauh lebih baik juga bila kamu mengonsumsi pizza buatan sendiri. Dengan demikian kamu dapat menggunakan bahan-bahan terpilih sekaligus mengontrol kadar garam untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kamu juga bisa konsultasi seputar konsumsi pizza atau fast food lainnya atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

(RH)

pizaFakta Kesehatan PizzaManfaat PizzaFakta Tentang Pizza

Konsultasi Dokter Terkait