Diet dan Nutrisi

Jangan Sering-sering Makan Pizza!

dr. Theresia Rina Yunita, 06 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa yang tak kenal pizza? Sebagian besar masyarakat Indonesia bisa dipastikan mengenalnya. Tapi apa dampaknya bagi kesehatan jika terlalu sering makan pizza?

Jangan Sering-sering Makan Pizza!

Tak diragukan lagi, pizza memang merupakan makanan favorit banyak orang di dunia –termasuk Indonesia. Di Amerika, 1 dari 8 orang mengonsumsi pizza setiap hari.

Di Indonesia sendiri memang belum ada data pasti mengenai konsumsi pizza. Namun faktanya saat ini restoran-restoran yang menyajikan menu pizza tumbuh bak jamur di negeri ini.

Baiklah, makanan asli Italia ini memang nikmat dan memiliki banyak penggemar. Tapi tahukah Anda apa akibatnya bagi kesehatan jika terlalu sering mengonsumsi pizza?

1. Tinggi kalori

Sepotong pizza ternyata mengandung sekitar 500 kalori. Memang sih, jumlah kalori ini bergantung dari topping yang digunakan –misalnya keju, daging atau hanya sayuran. Tapi ingat, makan terlalu banyak kalori dapat menyebabkan bertambahnya berat badan bahkan hingga obesitas.

2. Tinggi lemak

Sepotong pizza mengandung kurang lebih 26 gram lemak dan hampir seluruhnya merupakan lemak jenuh. Pizza juga mengandung lemak trans yang tidak baik untuk kesehatan. Lemak jahat ini akan meningkatkan kolesterol darah serta risiko penyakit jantung.

3. Tinggi garam

Sepotong pizza mengandung 500 hingga 700 mg sodium atau garam. Pizza yang dibekukan atau frozen pizza mengandung lebih tinggi kadar sodium dibandingkan fresh baked pizza (pizza yang langsung dipanggang) yaitu 900 mg. Institute of Medicine merekomendasikan Anda untuk membatasi konsumsi garam tidak lebih dari 1.500 mg per hari. Konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

4. Bahan pengawet

Pizza biasanya menggunakan daging olahan. Daging seperti ini mengandung bahan pengawet serta kadar garam yang tinggi. Padahal bahan pengawet dapat memicu terjadinya kanker. Mengkonsumsi daging merah dan daging olahan juga telah dikaitkan dengan kanker usus. Akibatnya, pada tahun 2011, pemerintah Inggris merekomendasikan bahwa masyarakat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 70g dalam sehari.

Pizza memang memiliki cita rasa yang sangat menggugah baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Tapi hati-hati, terlalu banyak makan pizza dapat menyengsarakan Anda.

(RH)

PizzaberbahayaObesitas

Konsultasi Dokter Terkait