Sukses

Bagaimana Cara Mengatasi Kencing Berbusa?

Kencing berbusa bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Kenali sebabnya, agar tahu cara mengatasinya dengan benar.

Pernahkah Anda perhatikan bentuk urine yang baru saja dikeluarkan? Apakah terdapat banyak busa? Jika ya, waspadalah. Pasalnya, kencing berbusa bisa menjadi pertanda adanya suatu kondisi medis yang serius.

Dalam keadaan normal, urine merupakan cairan jernih kekuningan yang tidak berbusa. Namun di saat Anda buang air kecil dengan kecepatan tinggi, kencing berbusa memang bisa saja terjadi.

Selain alasan di atas, kencing berbusa juga bisa disebabkan karena adanya suatu penyakit di dalam tubuh. Jika ini yang terjadi, Anda perlu melakukan pemeriksaan teliti untuk mencari tahu penyebabnya.

Berikut penyebab terjadinya kencing berbusa beserta cara untuk mengatasinya:

  1. Kekurangan cairan (dehidrasi)

Salah satu penyebab kencing berbusa adalah kekurangan cairan. Jika tubuh berada dalam keadaan ini, maka urine yang terbentuk akan lebih pekat dan menyebabkan timbulnya gelembung saat dikeluarkan.

Untuk mengatasinya, pastikan kebutuhan cairan harian Anda terpenuhi. Jika Anda tidak memiliki gangguan ginjal atau jantung –yang mengharuskan adanya pembatasan cairan– minumlah 7-8 gelas per hari untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh.

  1. Peradangan ginjal

Adanya protein di urine akibat gangguan ginjal juga dapat menyebabkan kencing berbusa. Dalam keadaan normal, ginjal dapat menahan protein agar tidak keluar bersama urine. Namun pada ginjal yang rusak, protein akan lolos dan masuk ke dalam urine.

Mengatasi kencing berbusa akibat gangguan ginjal harus berdasarkan jenis gangguan ginjal yang terjadi. Jika kasusnya adalah gangguan ginjal akibat penyakit lupus, salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan penekan peradangan –seperti obat golongan steroid.

  1. Diabetes

Pada kerusakan ginjal akibat diabetes, protein akan keluar bersama urine dan menyebabkan kencing berbusa. Apabila Anda penderita diabetes, mengontrol gula darah sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut.

  1. Infeksi

Kencing berbusa juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran kencing. Untuk mengatasinya, pemberian antibiotik yang memadai sangat diperlukan. Sebab, infeksi yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan kuman menginfeksi organ di atas saluran kencing, seperti ginjal.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penanganan kencing berbusa berawal dari diagnosis yang tepat. Kunjungilah dokter terdekat untuk mengetahui penyebab kencing berbusa yang Anda alami, agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar