HomeGaya hidupSehat dan BugarTip Mengatasi Sindrom Malas Kerja Usai Liburan
Sehat dan Bugar

Tip Mengatasi Sindrom Malas Kerja Usai Liburan

dr. Nadia Octavia, 02 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Liburan membuat Anda malas untuk kembali bekerja? Tenang. Begini cara mengatasinya.

Tip Mengatasi Sindrom Malas Kerja Usai Liburan

Libur Natal dan tahun baru telah usai. Meski demikian, sebagian besar orang cenderung merasa malas untuk kembali bekerja atau sekedar menjalani rutinitas harian.

Tidak bisa dimungkiri, liburan memang kerap membuat seseorang enggan untuk kembali ke rutinitas. Apalagi jika melihat foto-foto hasil liburan kemarin, rasanya ingin liburan terus, bukan?

Kami beri Anda panduan mudah untuk mengatasi sindrom malas bekerja usai liburan. Begini caranya:

  1. Rapikan meja kerja Anda

Salah satu hal yang bisa membuat malas untuk kembali bekerja adalah ketika Anda ‘disambut’ dengan tumpukan dokumen, surat atau benda-benda lain yang tergeletak di atas meja. Jangan hanya menatapnya saja. Segera rapikan agar tidak membuat Anda semakin penat dan malas bekerja!

  1. Singkirkan si pengalih fokus kerja Anda

Foto-foto liburan memang menarik dan tak membosankan untuk terus dipandang. Tapi kalau Anda ingin segera kembali bekerja, segera tutup album foto liburan Anda. Bila perlu, matikan sejenak ponsel Anda atau tutup aplikasi media sosial di browser Anda. Percayalah, pekerjaan Anda akan selesai lebih cepat.

  1. Lakukan satu pekerjaan dalam satu waktu

Setelah berlibur, pekerjaan yang menumpuk pasti membuat Anda ingin segera menyelesaikan semuanya secara bersamaan. Jika melakukan ini, Anda hanya akan semakin stres.

Sebaiknya, lakukan satu pekerjaan terlebih dahulu. Setelah selesai, baru kerjakan pekerjaan lainnya. Jika Anda semakin stres, sia-sia dong liburan kemarin?

  1. Susun rencana menyenangkan

Meski sudah kembali bekerja, bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang. Buatlah jadwal berkumpul dengan sahabat setelah satu minggu bekerja. Atau Anda bisa memberi hadiah pada diri Anda, misalnya minuman favorit di kafe kesukaan. Ini akan menjadi transisi yang menyenangkan usai liburan, sebelum akhirnya Anda kembali tenggelam dengan pekerjaan.

  1. Pulang kantor tepat waktu

Walaupun Anda baru saja menghabiskan seluruh jadwal cuti, bukan berarti setelah liburan Anda wajib lembur setiap hari. Selesaikan pekerjaan Anda dengan cepat dan pulanglah tepat waktu.

Kembali bekerja setelah liburan memang membutuhkan waktu untuk penyesuaian. Tetap tenang, fokus dan rileks. Percayalah, secara perlahan-lahan Anda akan kembali pada ritme rutinitas yang biasa dilakukan.

(NB/RH)

LiburanMalas KerjaSindrom

Konsultasi Dokter Terkait