HomeInfo SehatOtot dan SendiKopi Dapat Mengatasi Nyeri Setelah Olahraga, Benarkah?
Otot dan Sendi

Kopi Dapat Mengatasi Nyeri Setelah Olahraga, Benarkah?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 25 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kopi dipercaya mampu mengatasi nyeri setelah olahraga. Namun, apakah pernyataan tersebut benar? Jika iya, apa yang membuat kopi mampu mengatasi nyeri setelah olahraga?

Kopi Dapat Mengatasi Nyeri Setelah Olahraga, Benarkah?

Nyeri otot sering terjadi setelah Anda berolahraga. Nyeri otot ini dikenal sebagai delayed onset muscle soreness (DOMS).

DOMS biasanya muncul ketika Anda memulai jenis olahraga baru, mengubah gaya olahraga, atau menambah durasi dan intensitas olahraga.

Rasa nyeri dan kaku ini timbul karena adanya kerusakan mikroskopis pada serat otot yang bekerja lebih berat dibandingkan biasanya.

Ternyata menurut penelitian, keluhan nyeri otot ini dapat diringankan dengan minum kopi setelah olahraga. 

Benarkah demikian? Bagaimana efektivitas kopi untuk mengatasi nyeri setelah olahraga? Simak faktanya lewat artikel berikut.

Manfaat Kopi untuk Mengatasi Nyeri Setelah Olahraga

Penelitian terkait manfaat minum kopi setelah olahraga dilakukan di University of Illinois. Penelitian tersebut dipublikasikan pada bulan April 2009 di International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism.

Para peneliti menemukan, kafein pada kopi dapat membantu meringankan keluhan nyeri otot setelah berolahraga pada kelompok pria muda, baik yang biasa mengonsumsi kafein maupun yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein.

Artikel Lainnya: Tips Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Penelitian melibatkan 25 laki-laki usia muda yang di antaranya terbiasa mengonsumsi kafein dalam kesehariannya. 

Sementara itu, sebagian peserta lainnya merupakan kelompok yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein.

Dua kelompok tersebut kemudian diberikan pil berisi kafein yang setara dengan 2,5 hingga 3 gelas kopi atau diberikan pil kosong yang tidak berisikan bahan aktif apa pun sejam sebelum berolahraga. Pemberian pil ini diberikan secara acak.

Semua partisipan diminta untuk melakukan dua kali olahraga intensitas tinggi selama 30 menit dengan selang waktu satu minggu.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi kafein merasakan nyeri otot dengan intensitas yang lebih ringan dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi pil kosong.

Penelitian lainnya mengenai kopi sebagai pereda nyeri setelah olahraga diterbitkan di Journal of Strength and Conditioning Research pada tahun 2013.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa konsumsi kafein sebelum latihan ketahanan tubuh bagian atas dapat meningkatkan kinerja. Lebih lanjut, konsumsi kafein berkelanjutan dapat mengurangi DOMS.

Nah, penurunan persepsi rasa sakit pada hari-hari setelah latihan ketahanan yang berat memungkinkan individu untuk meningkatkan jumlah sesi latihan dalam periode waktu tertentu.

Artikel Lainnya: Penyebab Nyeri Tulang Kering saat Olahraga dengan Treadmill

Atasi Nyeri, Berapa Dosis Kopi yang Aman?

Lalu, adakah aturan atau dosis minum kopi per hari sebagai cara mengatasi nyeri setelah olahraga? 

Konsumsi kafein sebesar 6 mg per kg berat badan tampaknya memfasilitasi pemulihan kekuatan otot dan menurunkan DOMS, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Hal itu berdasarkan penelitian Randomized Controlled Trial (RCT) yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology tahun 2019.

Biasanya segelas kopi mengandung 100 mg kafein, sehingga minum satu hingga dua gelas kopi 60 menit sebelum berolahraga dapat membantu menurunkan DOMS.

Walaupun memiliki manfaat untuk mengurangi nyeri setelah olahraga, pertimbangkanlah penggunaan kafein sebelum olahraga karena dapat menyebabkan beberapa efek samping. 

Efek samping negatif dari kafein, di antaranya:

Itu dia penjelasan seputar hubungan antara minum kopi dan nyeri otot setelah olahraga. Konsumsilah kafein berdasarkan kemampuan Anda masing-masing, karena setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap kafein.

Bila ingin konsultasi terkait kadar kafein harian, jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter menggunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

[WA]

OlahragakopiNyeri Otot

Konsultasi Dokter Terkait