Sukses

4 Asupan Sebelum dan Sesudah Olahraga

Asupan apa saja yang baik untuk Anda konsumsi sebelum dan sesudah olahraga? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com - Makan dan olahraga merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Untuk dapat melakukan kegiatan olahraga dengan baik, tubuh memerlukan energi yang cukup dari berbagai sumber makanan. Jenis dan komposisi makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga dapat bervariasi bergantung pada jenis olahraga yang akan kita lakukan. Disamping itu, jenis makanan yang kita makan ternyata juga sangat berpengaruh pada performa kita saat berolahraga. Salah komposisi ataupun salah waktu makan sebelum olahraga, dengan maksud menambah energi, bisa jadi malah akan membuat tubuh menjadi lemas dan akan terasa berat dalam berolahraga.

Bila Anda hendak melakukan olahraga ringan di pagi hari seperti jalan kaki jarak dekat, segelas air putih untuk dikonsumsi sebelum olahraga mungkin cukup sebagai asupan cairan tambahan. Untuk aktivitas seringan jalan kaki jarak dekat di pagi hari, tubuh tidak memerlukan banyak energi tambahan.  Namun bila Anda berniat menambah jarak, atau intensitasnya menjadi lari ringan, energi sisa dari makan malam Anda mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan energi Anda berolahraga. Jadi diperlukan asupan tambahan untuk dikonsumsi guna menambah energi sebelum olahraga.

Asupan yang dapat Anda konsumsi sebelum dan sesudah olahraga, antara lain:

1. Sereal atau roti gandum

Gandum mengandung serat yang baik untuk dikonsumsi 30 menit sebelum olahraga. Kandungan karbohidrat dalam serat gandum akan dilepaskan secara bertahap, jadi energi akan tetap terjaga selama Anda berolahraga. Gandum merupakan makanan yang mengandung vitamin B  dan berfungsi untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.

2. Susu rendah lemak

Susu yang mengandung banyak protein sangat bermanfaat terutama dalam proses rehabilitasi otot setelah kegiatan olahraga Anda. Selain itu, susu yang mengandung banyak protein juga mampu mencegah kerusakan otot yang kadang timbul sebagai efek dari olahraga.

3. Pisang

Pisang adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Pisang kaya akan karbohidrat dan sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga mampu menghasilkan energi instan yang siap untuk dipakai. Potasium yang terkandung di dalam pisang sangat bermanfaat untuk menutrisi saraf dan otot. Namun demikian, potasium tidak dapat bertahan lama di tubuh. Oleh karena itu, makanlah pisang 30 menit sebelum olahraga untuk mempertahankan kadar karbohidrat dan potasium di darah tetap tinggi.

4. Yogurt dan buah

Buah mengandung karbohidrat yang mudah dipecah menjadi energi. Sedangkan yogurt mengandung protein yang baik untuk dikonsumsi guna membantu rehabilitasi otot setelah kegiatan olahraga Anda. Kombinasi dari yogurt dan buah merupakan sumber bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

Bijaklah dalam memilih makanan yang dapat menunjang kebutuhan Anda sebelum dan sesudah kegiatan olahraga Anda. Porsi dan jenis makanan yang dibutukan sangat bervariasi pada tiap-tiap orang dan sangat bergantung dengan olahraga apa yang akan Anda lakukan. Selamat berolahraga!

0 Komentar

Belum ada komentar