Sukses

Penyebab Tidak Fokus Saat Bekerja dan Solusinya

Sulit konsentrasi saat bekerja tentu akan mengganggu produktivitas kita. Kenali beberapa penyebab hilangnya fokus saat bekerja serta cara mengatasinya

Kurangnya fokus bisa menjadi hal yang meresahkan, terutama bila terjadi ketika kita harus bekerja. Sering kali, kondisi ini merupakan tanda bahwa kita sedang mengalami stres dan perlu sedikit istirahat. 

Stres atau kecemasan akan mengganggu konsentrasi Anda dan juga dapat menyebabkan kehilangan fokus. Dalam pekerjaan, ada banyak sekali hal yang bisa membuat kita kehilangan fokus, misalnya penggunaan berlebihan media sosial dan gawai. 

Berikut adalah beberapa penyebab kurang fokus saat bekerja:

1 dari 4 halaman

1. Pengaruh Teknologi

Penyebab kurang fokus bisa jadi berasal dari gadget yang hampir tiap hari digunakan. Handphone, komputer ataupun media sosial bisa mengganggu fokus saat bekerja. Anda dapat menanggulangi hal ini dengan cara menetapkan jadwal saat Anda bekerja. Selain itu, tentukan juga jadwal waktu rehat untuk membuka handphone. 

Lakukanlah konsultasi dengan dokter apabila Anda menjadi kesulitan fokus saat bekerja yang berlangsung terus-menerus.

2. Kurang Tidur

Kekurangan tidur dapat mengganggu fokus saat bekerja. Saat Anda tidur kurang dari 7 atau 8 jam dalam sehari maka dapat mengganggu fokus Anda. Apabila hal ini terjadi, cobalah untuk tidur lebih cepat keesokan harinya. 

Anda juga dapat tidur di siang hari selama 15 sampai dengan 30 menit untuk mengembalikan fokus Anda dan stamina saat bekerja.

Artikel Lainnya: Susah Fokus Saat Kerja? Mungkin Anda Kurang Piknik!

2 dari 4 halaman

3. Kurang Olahraga

Kurang olahraga juga bisa menjadi faktor penyebab tidak fokus dalam bekerja. Penelitian membuktikan bahwa berolahraga secara teratur dapat menjaga fokus dan meningkatkan kemampuan belajar. 

Penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sebaiknya juga melakukan olahraga secara rutin, karena hal tersebut sangat baik memperbaiki konsentrasi.  Berolahraga juga bisa meningkatkan stamina dan memperbaiki kualitas tidur sehingga Anda dapat terus fokus saat bekerja.

4. Demensia

Kondisi seperti penyakit Alzheimer menyebabkan kerusakan pada otak, dan kehilangan ingatan jangka pendek yang sering terjadi. 

Kehilangan memori jangka pendek yang menyebabkan Anda sering terlupa akan beberapa hal, harus diperhatikan jika sudah mengganggu kehidupan sosial, pekerjaan atau rumah. 

Menjaga ketajaman mental dapat dilakukan dengan tetap aktif secara mental, ditambah dengan latihan fisik dan diet sehat.

5. Perubahan Hormonal dan Anemia

Efek kehamilan pada otak telah menjadi bahan perdebatan di antara para ahli, karena banyak wanita hamil melaporkan masalah kelupaan dan fokus di bulan-bulan berikutnya.

Artikel Lainnya: Mengapa Jam 3 Sore Badan Lemas dan Tidak Fokus Bekerja?

Selain itu, susah fokus dan kelelahan bisa terjadi akibat kekurangan sel darah merah, karena oksigen tidak diangkut dengan baik ke dalam tubuh. Sehingga kebutuhan oksigen terkait kecepatan berpikir akan mengalami penurunan. Anemia bisa disiasati dengan perubahan gaya hidup dan suplemen nutrisi.

3 dari 4 halaman

Cara Agar Fokus Saat Bekerja

Untuk menjaga fokus saat bekerja dan tetap memiliki stamina yang bagus, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan, yakni: 

  • Sarapan

Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi sarapan pagi yang bernutrisi tinggi dapat memperbaiki fokus, konsentrasi dan stamina saat bekerja. Konsumsilah sarapan yang rendah lemak, diikuti dengan mengonsumsi buah dan sayur di pagi hari. 

Tingkatkan konsumsi karbohidrat jenis gandum agar dapat menjaga tingkat energi dan stamina, sehingga dapat terus fokus saat bekerja sepanjang hari.

  • Tingkatkan Jam Istirahat

Tidak hanya memiliki efek terhadap kondisi fisik, tidur yang cukup memiliki dampak positif terhadap kondisi mental. 

Studi menunjukkan bahwa tidur yang cukup bisa meningkatkan kemampuan mengambil keputusan serta meningkatkan stamina sehingga dapat terus fokus saat bekerja.

  • Kontrol Tingkat Stres

Stres yang tinggi dapat menghilangkan stamina dan fokus saat bekerja. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol stres adalah dengan melakukan meditasi dan mencoba menghilangkan stres secara perlahan. 

Apabila Anda merasa jenuh dengan pekerjaan dan masalah Anda, coba lakukan peregangan ringan dan jalan-jalan di sekitar kantor.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab hilangnya fokus saat bekerja. Hilang fokus tentu akan mengganggu produktivitas saat di kantor. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan memulai pola hidup sehat.

Jangan ketinggalan informasi menarik lain seputar kesehatan dengan mengunduh aplikasi KlikDokter

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar